Jambi (ANTARA News) - Pengamat Hukum dari Universitas Jambi, Winarno menilai keterangan mantan Kapolres Jakarta Selatan (Jaksel), Kombes Pol Williardi Wizard dalam persidangan dengan terdakwa Antasari Azhar akan menjadi kunci untuk mereformasi Kepolisian Republik Indonesia.

"Kesaksiannnya sudah membuka tabir pada publik bahwa institusi Polri perlu direformasi karena diduga telah merekayasa kasus yang merugikan orang lain," kata Winarno di Jambi Rabu.

Menurutnya, kesaksian Williardi Wizard menjadi kunci untuk mereformasi sistem penegakan hukum dan kunci itu harus dipegang dan dimainkan oleh presiden.

Dia memandang, presiden harus tegas dan kembali membentuk tim khusus yang independen untuk mereformasi institusi Kepolisian, termasuk kejaksaan dan pengadilan karena ketiganya adalah tiga serangkai dalam penegakan hukum.

Dia mengakui, secara kelembagaan institusi Polri tetap bagus, hanya personelnya diduga telah menyalahgunakan wewenang dan kekuasaan sehingga citra institusi rusak di mata masyarakat.

"Kita berharap orang nomor satu di negri ini bisa segera bersikap dan bertindak untuk memulihkan citra penagakan hukum di tanah air yang tercoreng oleh ulah segelintir oknum," kata Winarno. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009