New York (ANTARA News/AFP) - Saham -saham Wall Street berakhir bervariasi dalam perdagangan yang berubah-rubah pada Selasa waktu setempat, dengan serangan "profit taking" (aksi ambil untung) setelah "rally" besar-besaran sehari sebelumnya.

Dow Jones Industrial Average naik 20,03 poin (0,20 persen) menjadi 10.246,97, tertinggi lain pada 2009, setelah rally yang kuat sekitar dua persen pada Senin.

Indeks komposit Nasdaq jatuh 2,98 poin (0,14 persen) ke 2.151,08 dan pasar luas indeks Standard & Poor`s 500 turun 0,07 poin (0,01 persen) menjadi 1.093,01.

Sehari setelah rally yang berasal dari keputusan Kelompok 20 untuk mempertahankan langkah-langkah stimulus untuk mempercepat pemulihan ekonomi dari resesi, investor hati-hati dengan mengambil keuntungan sejak bel pembukaan.

Tetapi analis mengatakan, mengunci keuntungan setelah keuntungan besar normal dan menunjukkan bahwa sentimen pasar tetap "bullish" (bergairah).

Pasar "terus mengesankan meskipun rally besar dari terndah musim semi dan banyak masalah yang dihadapi investor," kata ahli strategi pasar ekuitas senior Wells Fargo Advisors Scott Marcouiller.

Wells Fargo telah menjatuhkan "nasihat hati-hati" jangka pendek untuk investor menyusul rally pada Senin, katanya.

Beberapa analis percaya bahwa Wall Street menetapkan panggung untuk rally yang berkelanjutan akhir tahun.

"Ini adalah pasar yang sedang didukung oleh rasa takut kehilangan keuntungan lebih lanjut, walaupun banyak peserta mengakui bahwa ada banyak pembenaran bagi pasar untuk keluar," kata Patrick O`Hare dari Briefing.com.

"Sebuah faktor ditambahkan dalam mendukung pasar sekarang adalah bahwa memasuki apa yang secara tradisional periode musiman menguat. "

"Ini masih harus dilihat jika sebuah rally akhir tahun akan terwujud, tapi tentu sesuatunya sudah dimulai pada catatan optimis," kata O`Hare, mencatat bahwa sejak akhir Oktober, S&P 500 melonjak 5,5 persen.

Di antara saham turun, Electronic Arts, perusahaan permainan video, jatuh 6,35 persen menjadi 18,29 dolar setelah melaporkan kerugian bersih kuartal kedua 391 juta dolar.

Perusahaan ini juga mengatakan akan memberhentikan 1.500 pekerja dan mengurangi lini produksi, sekalipun mengumumkan mereka telah mengakuisisi Playfish, sebuah start-up yang membuat permainan online.

Perusahaan software Oracle turun 0,14 persen menjadi 21,80 dolar setelah Komisi Eropa keberatan atas alasan persaingan terhadap usulan akuisisi dari Sun Microsystems.

Raksasa aringan komputer Cisco kehilangan 1,42 persen menjadi 23,65 dolar karena memperingatkan pihsknya dapat mengabaikan penawaran tiga miliar dolar untuk perusahaan konferensi video Norwegia Tanberg jika tidak memperoleh 90 persen saham dari Tanberg.

Perusahaan farmasi Bristol-Myers Squibb naik 1,26 persen menjadi 23,34 dolar setelah adanya persetujuan yang dapat mengakibatkan pembayaran lebih dari satu miliar dolar untuk hak eksklusif mengembangkan dan mengkomersialkan suatu perawatan radang artritis yang dikembangkan oleh Alder Biopharmaceuticals.

Pasar obligasi bervariasi. Hasil pada obligasi negara 10-tahun turun menjadi 3,482 persen dari 3,486 persen Senin dan pada obligasi 30-tahun naik menjadi 4,415 persen dari 4,401 persen. Harga dan yield obligasi bergerak berlawanan arah. (*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009