Yogyakarta (ANTARA) - Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bersama tim Chalmers University, Swedia, menjuarai final Mondialogo Engineering Award di Stuttgart, Jerman.

"Mereka menyisihkan 30 tim finalis dari berbagai negara," kata Ketua Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik UGM Prof Ir Suryo Purwono MASc PhD di Yogyakarta, Selasa.

Ia mengatakan mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik UGM itu terdiri Annisa Utami, Annisa Sekar Palupi, Benny, dan M Aqwi Gibran.

Mereka mengusung karya tulis berjudul "Zero Waste Production System in Small/Medium Industrial Cluster as The Core of Sustainable Innovative Villages".

"Karya mereka berhasil masuk final setelah menyisihkan sekitar 932 proposal dari berbagai negara di seluruh dunia," katanya.

Menurut dia, keberhasilan tim UGM masuk sebagai salah satu finalis karena adanya kerja sama intensif dengan tim Chalmers University, Swedia mulai dari tahap pengumpulan ide sampai penyusunan proposal.

Pada putaran final tim Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik UGM diwakili Benny berpasangan dengan Marcus Hogberg dari tim Chalmers University, Swedia.

Ia mengatakan tim yang maju pada urutan pertama tersebut tampil meyakinkan dan berhasil meraih satu tempat terbaik.

"Atas prestasi yang membanggakan di kancah internasional itu saya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada mahasiswa dan dosen yang telah bersusah payah membimbing tim tersebut," katanya. (*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009