Tokyo (ANTARA News/AFP) - Dua "trust" bank Jepang, Sumitomo Trust & Banking Co dan Chuo Mitsui Trust Holdings, Jumat mengumumkan mereka sudah sepakat merger untuk menciptakan trust bank terbesar Jepang dengan aset di bawah perwalian sekitar 1,28 triliun dolar.

Kesepakatan adalah upaya terbaru oleh perusahaan keuangan Jepang untuk beradaptasi dengan prospek sulit akibat melemahnya ekonomi, penuaan masyarakat dan menyusutnya populasi.

Kedua bank telah mencapai kesepakatan dasar untuk mengintegrasikan pengelolaan pada April 2011 dan menggabungkan operasi mereka ke dalam satu trust bank tahun berikutnya. Rasio merger tidak diumumkan.

Krisis keuangan "telah menyebabkan perubahan-perubahan struktural utama dalam ekonomi dan masyarakat global serta telah membuat klien lebih maju dan isu-isu kompleks dalam mengelola aset mereka," kata mereka dalam pernyataan bersama.

"Jepang dengan angka kelahiran yang rendah dan penuaan masyarakat, serta jatuh tempo pada ekonomi, membuat tantangan yang mendesak untuk memfasilitasi aliran aset keuangan pribadi Jepang yang

berlimpah, pensiun dan dana lain bidang menjanjikan untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan."(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009