New York (ANTARA News/AFP) - Saham di Wall Street mengalami "rally" kuat pada Kamis waktu setempat, setelah data ekonomi AS di pasar tenaga kerja yang lemah lebih baik dari perkiraan dan berita perusahaan positif.

Dow Jones Industrial Average melonjak 204,73 poin (2,09 persen) menjadi 10.006,87 pada penutupan pasar, menembus batas psikologis 10.000.

Indeks komposit saham teknologi Nasdaq melompat 49,27 poin (2,40 persen) menjadi 2.104,79 sementara yang lebih luas indeks Standard & Poor`s 500 naik 20,14 poin (1,92 persen) ke awal penutupan 1.066,64.

Pasar membukukan kenaikan secara luas, dengan indeks utama menghabiskan sesi di wilayah positif, karena pedagang bersiap untuk rilis data Oktober pasar kerja dan pengangguran pada Jumat.

"Pasar telah rally menyusul lebih baik dari perkiraan laporan ekonomi dan terdorong prospek dari Cisco Systems," kata Scott Marcouiller dari Wells Fargo Advisors.

Data Departemen Tenaga Kerja menunjukkan klaim awal untuk manfaat asuransi pengangguran AS minggu lalu jatuh lebih dari yang diperkirakan, mengangkat sentimen menjelang hari Jumat yang cemas menunggu laporan pemerintah tentang pasar tenaga kerja Otober.

Secara terpisah, departemen mengatakan, produktivitas non pertanian melambung lebih dari yang diperkirakan 9,5 persen pada kuartal ketiga ke level tertinggi dalam enam tahun karena perusahaan mengurangi stafnya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009