Jayapura (ANTARA News) - Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ), khususnya Jurusan Teknik Elektro, tengah berupaya membangun sistem jaringan komputer untuk mendukung pembelajaran dan kegiatan-kegiatan lainnya yang mengandalkan teknologi.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin signifikan sehingga penting diterapkan di lingkungan akademik perguruan tinggi guna meningkatkan proses pembelajaran, ujar Dosen Jurusan Teknik Elektro, USTJ, Tanwir,MT di Jayapura, Selasa.

Sistem jaringan komputer merupakan kumpulan dari beberapa komputer yang dihubungkan satu dengan yang lain dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi.

Komputer-komputer tersebut saling terhubung dan terorganisir yang terdiri atas kompurter server sebagai induk dan komputer-komputer terminal sebagai klien.

Dikatakannya, dengan adanya sistem jaringan komputer di kampus USTJ nantinya dapat dibangun kepraktisan dalam pengolahan data dan informasi akademik, juga pengambilan data dan informasi melalui internet.

Selain dapat saling berbagi data dan program antara satu komputer dengan lainnya, Tanwir mengatakan, dengan sistem jaringan komputer memungkinkan penggunaan secara bersama perangkat keras, seperti printer, hard disc, modem dan lain sebagainya melalui media transmisi.

"Dengan cara ini kegiatan akademik dan administrasi di lingkungan kampus dapat lebih praktis dan produktivitasnya bisa meningkat. Biaya dan waktu juga bisa dihemat," katanya.

Berkaitan dengan kegiatan akademik, Tanwir mengungkapkan, jaringan komputer seperti itu dapat memudahkan komunikasi antara dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan, praktikum atau pun pada saat pembimbingan tugas akhir.

Selain sistem jaringan komputer, USTJ juga berupaya menerapkan pembelajaran model "e-learning" dengan memanfaatkan teknologi internet sehingga memungkinkan kegiatan akademik dapat dilakukan kapan dan di mana.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009