Frankfurt (ANTARA News/AFP) - Bank terbesar kedua Jerman, Commerzbank, Senin menyatakan membukukan rugi bersih 1,05 miliar euro (1,56 miliar dolar AS) pada kuartal ketiga, lebih buruk dari yang diperkirakan karena biaya restrukturisasi grup dan penurunan nilai aset.

Bank, yang merupakan bagian dinasionalisasikan karena krisis keuangan global dengan negara Jerman mengambil 25 persen saham ditambah satu saham, mengatakan memperkirakan menunjukkan kerugian bersih untuk setahun penuh.

Dikatakan bahwa penurunan nilai aset (writedowns) 650 juta euro terkait dengan unit Eurohypo dan 900 juta euro di biaya restrukturisasi Dresdner Bank, yang dibeli dari asuransi Allianz untuk 4,7 miliar euro.

Hasilnya adalah lebih buruk dari yang diharapkan, dengan para analis memproyeksikan rata-rata kerugian 782 juta euro.

Namun, pada tingkat operasi, bank mengatakan membukukan keuntungan 120 juta euro, naik dari kerugian operasional 201 juta euro di kuartal kedua.

Hasil secara keseluruhan akan dirilis pada Kamis mendatang.

Setelah krisis keuangan yang mengirim sistem perbankan global mendekati keruntuhan tahun lalu, pemerintah Jerman menopang Commerzbank yang berbasis di Frankfurt dengan 18 miliar euro di modal segar.

Pada tahun 2008, Commerzbank membukukan kerugian 6,6 miliar euro.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009