New York (ANTARA News/AFP) - Saham AS menguat pada Kamis waktu setempat, setelah data pemerintah menunjukkan bahwa perekonomian telah keluar dari resesi di kuartal ketiga dengan mencatat pertumbuhan terkuat dalam dua tahun.

Dow Jones Industrial Average melompat 200,19 poin (2,05 persen) dalam akhir perdagangan menjadi 9.962,88.

Indeks saham teknologi berat Nasdaq naik 37,94 poin (1,84 persen) ke 2.097,55 dan pasar luas indeks Standard & Poor`s 500 menambahkan 23,42 poin (2,25 persen) menjadi 1.066,05 pada awal penutupan.

Pasar segera naik setelah bel pembukaan, setelah pemerintah mengumumkan bahwa menyusul setahun kontraksi, perekonomian AS tumbuh pada penyesuaian secara musiman tingkat tahunan 3,5 persen di kuartal ketiga dari kuartal sebelumnya.

Ini adalah ekspansi terkuat sejak kuartal ketiga tahun 2007, ketika sebuah krisis hipotik (mortgage) rumah memicu krisis keuangan global yang menghantam ekonomi dunia.

Pertumbuhan kuartal ketiga itu lebih baik daripada tingkat 3,2 persen yang diperkirakan oleh kebanyakan analis.

"Bull (bergairah)mematahkan penurunan terus-menerus baru-baru ini, didukung oleh lebih besar dari yang diperkirakan peningkatan PDB kuartal ketiga, yang menenangkan beberapa ketakutan pemulihan ekonomi yang merayap kembali di Street baru-baru ini," analis di Charles Schwab & Co mengatakan dalam sebuah laporannya.

Saham telah jatuh, mereka mengalami kerugian terburuk bulan ini pada Rabu di tengah kekhawatiran atas laju pemulihan ekonomi, menyusul penurunan tak terduga penjualan rumah baru dan meredanya sentimen konsumen. (*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009