Badung (ANTARA News) - Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Andi Mallarangeng meminta seluruh pemuda Indonesia untuk mengembangkan potensi dan kreativitas supaya memiliki daya saing yang unggul.

Hal tersebut disampaikan Menpora dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Badung Anak Agung Gede Agung pada peringatan Sumpah Pemuda ke- 81 di Lapangan Mengwi, Badung Bali, Rabu.

Lebih jauh Andi Mallarangeng menegaskan, pemuda Indonesia harus bangkit bangkit, maju dan bersatu demi kejayaan bangsa dan negara.

"Kepada para pemimpin kaum muda, diharapkan terus memperkokoh persatuan, menyatukan langkah, bersinergi dalam menggelorakan semangat merah putih untuk kejayaan Bangsa dan Negara," tegas Bupati Gede Agung mengutip pernyataan Menpora.

Melalui tema "Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh" diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi para pemuda untuk bersama-sama memberikan kontribusi yang terbaik demi kemajuan bangsa.

"Mari pemuda, kembangkan semua potensi dan kreatifitas, kembangkan semua kualitas dan daya saing, dengan peradaban yang unggul dan berkarakter," ujarnya.

Dia menambahkan, nasib masa depan bangsa ada di tangan generasi muda, karena itu bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki generasi muda yang mampu menjawab tantangan zaman.

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-81 tahun 2009 di Kabupaten Badung berlangsung khidmat, dengan inspektur upacara Bupati Badung Anak Agung Gde Agung.

Sejumlah undangan hadir pada kesempatan tersebut diantaranya jajaran DPRD Kabupaten Badung, pejabat eksekutif Kabupaten Badung serta jajaran Muspida Badung.

Upacara dimulai tepat pukul 08.00 Wita, diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih dilanjutkan mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila serta pembacaan pembukaan UUD 1945 dan Putusan Kongres Pemuda-Pemuda Indonesia tahun 1928 yang diikuti para pemuda dengan mengenakan pakaian adat masing-masing daerah di Indonesia.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009