Doha (ANTARA News/AFP) - Unggulan keenam dari Belarus, Victoria Azarenka, menikmati awal kemenangan di Kejuaraan WTA, Selasa, sementara Serena Williams mempersiapkan diri untuk merebut kembali posisi nomor satu dunia dari saingannya Dinara Safina.

Azarenka, yang untuk pertama kalinya bermain di turnamen akhir musim tersebut, menyingkirkan unggulan kedelapan dari Serbia -- dan mantan petenis nomor satu dunia -- Jelena Jankovic 6-2 6-3 dalam pertandingan pertama turnamen berhadiah 4,55 juta dolar AS itu.

Serena, yang telah merebut 11 gelar Grand Slam dan posisi puncak peringkat dunianya direbut oleh Safina yang belum pernah meraih gelar utama tenis, akan berhadapan dengan juara Prancis Terbuka, Svetlana Kuznetsova.

Petenis Amerika itu akan merebut kembali posisinya sebagai pemain nomor satu dunia bila ia mampu mengungguli peraihan angka dari Safina pekan ini.

"Akan mengagumkan, benar-benar keren," kata Serena. "Tetapi saya harus menang. Saya berada di undian yang berat," katanya.

Juara bertahan Venus Williams, yang merupakan unggulan ketujuh, berhadapan dengan unggulan kelima dari Rusia, Elena Dementieva pada pertandingan hari Selasa lainnya.

Safina, yang kalah pada tiga pertandingan dalam debutnya di Doha tahun 2008, membuka pertandingannya hari Rabu melawan petenis remaja dari Denmark, Caroline Wozniacki.

Delapan pemain dibagi menjadi dua grup di turnamen di Doha tersebut dan dua petenis yang menempati posisi teratas di grup tersebut maju ke semifinal. Dalam pertandingan final hari Minggu, pemenangnya akan menerima cek bernilai 1,5 juta dolar AS.

Jankovic menempati peringkat nomor satu dunia pada empat pekan pertama tahun ini, tetapi masuk ke turnamen tersebut sebagai pemain kedelapan dan pemain terakhir yang lolos ke event tersebut, berkat maju ke final di turnamen di Tokyo.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009