Liverpool (ANTARA News/Reuters) - Harapan Liverpool untuk lolos ke babak berikutnya di Liga Champions mengalami pukulan berat setelah kebobolan menjelang pertandingan usai sehingga kalah 1-2 dari Olympique Lyon di Anfield, Selasa (Rabu pagi WIB).

Juara Eropa lima kali itu unggul lebih dulu melalui gol Yossi Benayoun pada menit ke-41. Namun pemain pengganti Lyon Macime Gonalons dengan sundulannya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-72.

Saat pertandingan memasuki `injury time` klub Prancis itu membuat gol kemenangan melalui Delgado.

"Saya angkat topi untuk para pemain yang telah tampil bagus. Kami berhak memang karena kami main dengan kualitas dan kedisiplinan..., kami menyelesaikan permainan dengan lebih baik dibanding mereka.. dan saya sungguh bahagia," kata pelatih Lyon Claude Puel.

Liverpool kini terancam turun ke Liga Eropa karena selisih tiga poin di bawah peringkat dua grup F Fiorentina.

Lyon mencatat nilai optimal sembilan, Fiorentina enam, Liverpool tiga, sedangkan Debrecen belum memperoleh satu poin pun.

Liverpool, yang kembali tidak diperkuat Fernando Torres, terlihat dapat mengendalikan permainan setelah Benayoun membukukan gol keempatnya musim ini.

Fabio Aurelio, pengganti Steven Gerrard, mengirim sebuah umpan silang di kotak penalti Lyon yang disambut oleh Benayoun.

Liverpool bahkan nyaris membuat gol kedua ketika pemain berusia 19 tahun Martin Kelly, yang memulai debutnya di tingkat senior, memberi umpan kepada Aurelio. Namun tendangan Aurelio dapat diselamatkan kiper Hugo Lloris.

Lyon mencoba melakukan tekanan balik, dan dua belas menit terakhir menjadi bencana bagi Liverpool yang kebobolan dua gol oleh dua pemain pengganti Lyon.

Kiper Liverpool Pepe Reina sedikitnya melakukan dua kali penyelematan gemilang, namun akhirnya ia gagal mengantisipasi sundulan Gonalons.

Lyon memastikan kemenangan setelah Delgado menyambut umpan Sidney Govou menjelang pertandingan usai.

Liverpool kini sudah empat kali kalah berturut-turut, dua di Liga Champions dan dua di Liga Utama Inggris.

Mereka pun mendapat ejekan dari para fans di Anfield saat peluit akhir berbunyi.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009