Jakarta (ANTARA) - Manajer Arsenal Mikel Arteta menyatakan bek muda William Saliba yang dibeli musim panas lalu akan diberi kesempatan untuk menuntaskan musim sebagai pemain pinjaman di AS Saint-Etienne.

Saliba dibeli Arsenal pada 25 Juli 2019 tetapi dipinjamkan selama semusim ke klub asalnya, Saint-Etienne.

Kontrak peminjaman Saliba sedianya habis pada Selasa (30/6), tetapi Arteta mengaku klubnya berencana membiarkan bek berusia 19 tahun itu merampungkan musim Saint-Etienne yang masih menyisakan satu partai final Piala Prancis menantang Paris Saint-Germain pada 14 Juli.

"Ia sudah bekerja keras untuk memperoleh hak tampil di final jika manajer mereka menginginkannya," kata Arteta dalam jumpa pers virtual dilansir laman resmi Arsenal, Selasa.

"Jadi saya pikir kami harus memberinya kesempatan untuk melakukan itu, menikmatinya dan sesudahnya kami bisa mendapatkannya secara penuh," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Martinelli dipastikan tidak akan perkuat Arsenal lagi musim ini
Baca juga: Pepe dipuji Mikel Arteta usai Arsenal kalahkan Sheffield United


Kendati dipinjamkan di Saint-Etienne, Saliba sempat absen dalam 15 laga lantaran dibekap cedera pada 4 November 2019 s.d. 20 Januari 2020.

Arteta mengaku tak ingin membebani bek muda itu dengan ekspektasi yang berlebihan sembari memastikan bakal bekerja sebaik mungkin agar bisa membantunya berkembang ketika tiba di Arsenal.

"Saya beberapa kali berbicara dengannya, kami memantau penampilannya musim ini dan sebagai pemain muda, ia sedikit kesulitan karena cedera yang dialaminya," katanya.

"Tapi, itu semua bagian dari proses. Saya tahu harapan besar yang diletakkan di pundaknya musim depan, tetapi kita semua harus memahami usianya dan apa yang sudah dicapainya sejauh ini," ujar Arteta menambahkan.

"Saya akan memastikan kami punya lingkungan yang tepat agar ia bisa berkembang sebagai seorang pemain," pungkas pelatih asal Spanyol itu.

Baca juga: Arsenal kembali ke jalur kemenangan, bawa tiga poin dari Southampton
Baca juga: Transfer musim panas Arsenal tergantung posisi klasemen


Arsenal saat ini berada di urutan ke-10 klasemen dengan koleksi 43 poin dan masih tertinggal enam poin dari zona kualifikasi Eropa.

Dalam laga pekan ke-32, Arsenal untuk pertama kalinya tampil di kandang sendiri sejak kompetisi dilanjutkan di tengah pandemi COVID-19 dengan menjamu tim juru kunci Norwich City di Emirates pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Baca juga: Ringkasan Piala FA: tim-tim London dan Manchester ke semifinal
Baca juga: Burnley lanjutkan tren positif dengan tundukkan Crystal Palace
Baca juga: Liverpool rampungkan musim tanpa Joel Matip

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020