Kota Meksiko (ANTARA News) - Badai Rick bertambah kuat jadi badai Kategori 5 atau klasifikasi tertinggi di lepas pantai Pasifik Meksiko, seiring topan itu bergerak ke arah tempat pelancongan di semenanjung Baja California pada pekan depan, demikian keterangan U.S. National Hurricane Center seperti dikutip Reuters.

Topan dengan Kategori 5 menempati posisi teratas dari skala lima tahap Saffir-Simpson dan dapat mengakibatkan bencana besar.

Badai Rick, badai ketujuh pada musim ini di Pasifik timur-laut, berada sekitar 467 kilometer di sebelah selatan Manzanillo, Meksiko, dengan kecepatan angin maksimum 258 kilometer per jam.

Lembaga AS itu memperkirakan topan tersebut bergerak ke arah pantai Meksiko pada Selasa dan menghantam Baja California, Kamis, serta juga mengakibatkan hujan lebat di daratan negeri tersebut.

Badai Pasifik tak menimbulkan ancaman bagi industri besar minyak di Meksiko di Teluk meksiko, tapi semenanjung Baja California terkenal di kalangan wisatawan AS karena tempat pelancongannya di daerah Los Cabos.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009