Ternate (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Maluku Utara (Malut) menyatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan flow-up melalui TCM RSUD Chasan Boesoerie Ternate, didapatkan pasien sembuh bertambah dua orang sehingga  secara keseluruhan menjadi 105 orang.

"Dua orang yang dinyatakan sembuh ini merupakan pasien 119 berinisial F asal Halmahera Selatan dan pasien 174 berinisial H asal Kota Tidore Kepulauan," kata Jubir Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf melalui siaran pers, Selasa.

Baca juga: Tak ada lagi pasien positif COVID-19 di Purwakarta

Menurut dia, dengan adanya penambahan dua pasien sembuh ini, maka Kota Ternate memiliki pasien sembuh terbanyak yakni sebanyak 59 orang, disusul Tidore Kepulauan 14 orang, Kepulauan Sula 13 orang, Pulau Morotai tujuh orang, Halmahera Utara tiga orang, Halmahera Barat dua orang dan Halmahera Barat serta Halmahera Timur satu orang.

Alwia menyebut, untuk hari ini, sesuai hasil pemeriksaan TCM RSUD Chasan Boesoerie Ternate dan RS Siloam Manado, maka terkonfirmasi positif bertambah menjadi sembilan orang dengan sebaran enam orang Halmahera Utara, Kota Ternate dua orang dan satu orang dari Halmahera Barat.

Olehnya itu, dengan adanya penambahan 20 pasien positif COVID-19 di Malut ini, maka hingga hari ini telah menjadi 728 orang, selanjutnya disebut kasus 720 sampai kasus 728.

Sedangkan, untuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) 1451 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 106 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 35 orang.

Untuk pemeriksaan tes cepat sampai hari ini dilakukan pemeriksaan terhadap 10.302 orang dan didapatkan 1.048 orang reaktif yakni 687 OTG,66 orang ODP, 66 orang PDP dan 199 orang merupakan pelaku perjalanan dari daerah terjangkit, sedangkan 9254 orang dengan hasil tes cepat non reaktif.

Dia menambahkan, sebanyak 35 orang menjalani perawatan di RSUD Chasan Boesoerie Ternate, 21 orang diantaranya kasus positif COVID-19 dan 14 orang ODP serta karantina Sahid Hotel sebanyak 78 orang dengan rincian 73 pasien terkonfirmasi positif, dua orang PDP dan dan tiga orang berstatus OTG.***3***

Baca juga: GTPP Denpasar sebutkan positif COVID-19 bertambah 19 kasus
Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Penajam Paser Utara terus bertambah
Baca juga: 23 orang positif COVID-19 di Karawang dinyatakan sembuh

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020