Jakarta (ANTARA News) - Juru bicara kepresidenan Andi Mallarangeng menjalani uji kelayakan sebagai calon menteri negara pemuda dan olahraga untuk kabinet mendatang periode 2009-2014.

Usai diwawancarai oleh Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas Indah, Bogor, Sabtu, Andi mengatakan ia diberi arahan oleh calon presiden periode 2009-2014 itu untuk membangun potensi anak muda bangsa.

"Tadi Presiden banyak memberi arahan-arahan untuk saya tugas ke depan, salah satu ditekankan adalah generasi muda untuk membangun bangsa ke depan bagaimana bisa membangun potensi anak-anak muda bangsa untuk menjadi pilar-pilar bangunan bangsa kokoh ke depan," tuturnya.

Yudhoyono, lanjut dia, juga memberi arahan agar bidang olahraga seperti juga pembangunan ekonomi dan demokrasi di Indonesia, dapat mengalami kemajuan.

"Mudah-mudahan olahraga juga meningkat bersama-sama dan memajukan bangsa dalam bidang-bidang lain," ujarnya.

Dengan "hijrah"nya Andi ke jabatan Menegpora, maka Yudhoyono akan menempatkan orang lain sebagai juru bicara kepresidenan.

"Tentunya akan ada juru bicara baru untuk menggantikan saya, Presiden nanti akan memutuskan, tapi tentu saja siapa pun beliau akan membutuhkan kerjasama dengan kawan-kawan pers," tuturnya.

Andi adalah peserta terakhir uji kelayakan calon menteri sesi pertama yang digelar pada Sabtu. Pada Sabtu, Yudhoyono menggelar wawancara terhadap 16 calon menteri.

Mantan Ketua Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias, Kuntoro Mangkusubroto, yang sempat hadir di Cikeas ternyata tidak mengikuti uji kelayakan. Ia hadir sebagai anggota tim kecil calon wakil presiden terpilih, Boediono, yang menyusun strategi program seratus hari pertama dan struktur kabinet.

Pada Minggu 18 Oktober 2009, Yudhoyono kembali akan memanggil para calon menteri tersisa untuk mengikuti uji kelayakan. Sedangkan 16 calon menteri yang telah uji kelayakan pada Sabtu diharuskan mengikuti tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto pada Minggu.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009