Jember (ANTARA News) - Sejumlah partai politik (parpol) berencana berkoalisi dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada 2010 mendatang, demikian Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jember, Ayub Djunaidi, Sabtu.

Dia mengatakan, PKB mulai membuka komunikasi politik dengan fraksi-fraksi politik di DPRD Jember untuk pemilihan Bupati Jember 2010 sebagai langkah awal berkoalisi.

Dia mengaku sudah membangun komunikasi politik dengan Fraksi Golkar dan Fraksi Amanat Nurani Rakyat terkait dengan Pilkada Jember 2010 mendatang.

"Kami masih melakukan pendekatan politik kepada parpol lain dan menyamakan persepsi tentang calon Bupati Jember 2010-1015," katanya.

"Ada kemungkinan PKB akan melakukan koalisi dengan parpol lain untuk mengusung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Jember periode 2010-2015," katanya.

Sementara Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar, Yudi Hartono, mengatakan Partai Golkar belum membahas Pilkada Jember, namun sejumlah pengurus Golkar sudah berkomunikasi politik dengan parpol lain.

"Kami mencoba berkomunikasi politik kepada pengurus partai yang menjadi anggota DPRD Jember periode 2009-2014 secara informal," katanya.

Partai Golkar juga akan membentuk tim penyeleksi bakal calon bupati dan wakil bupati dari masyarakat atau kader Golkar. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009