Jakarta (ANTARA News) - PT Indosat Tbk. segera mere-launch (meluncurkan ulang) tarif murah layanan Blackberry sebesar Rp55 ribu per-bulan yang diberi nama paket BISLite.

"Layanan ini sudah tersedia sejak beberapa waktu lalu tetapi belum tersosialisasikan optimal padahal kami yakin layanan ini sangat diminati dan ditunggu-tunggu pelanggan," kata Group Head Strategic Marketing PT Indosat, Fuad Fachroeddin, di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, tarif baru Blackberry Internet Service (BIS) Indosat sebesar RP55 ribu/30 hari bernama paket BISLite dan sudah tersedia sejak 30 Agustus 2009.

Di awal launchingnya, Indosat mengenakan tarif Rp50 ribu/30 hari (tidak termasuk PPn) namun pada perkembangannya ditetapkan Rp55 ribu/bulan.

"Fasilitas yang diberikan hampir tidak ada beda signifikan dengan layanan BIS Indosat selama ini," katanya.

Pelanggan mendapatkan fasilitas di antaranya chatting dengan Blackberry Messanger, Yahoo Messanger, Google Talk, Windows Live Messanger, hingga akses e-mail 10 akun.

Fuad mengatakan, perbedaan hanya terletak pada fitur browsing di mana pelanggan harus terlebih dahulu mengakses melalui browser i-Go. "Untuk browsing pelanggan dikenakan tarif Rp1/kb," katanya.

Layanan Blackberry mail & chatting service paket BISLite dapat digunakan oleh pelanggan seluler Indosat; Matrix, Mentari, dan IM3.

Layanan paket ekonomis itu diluncurkan mengingat tren yang berkembang saat ini tidak semua pelanggan layanan Blackberry menggunakan fasilitas browsing secara berlebihan.

"Tidak semua pelanggan selalu menggunakan fasilitas browser selama 24 jam," katanya.

Oleh karena itu, menurut dia, pelanggan tidak perlu membayar terlalu mahal untuk mendapatkan fasilitas yang tidak dipergunakan secara optimal. "Intinya membayar apa yang dibutuhkan dan dipergunakan saja," katanya.

BISLite layaknya layanan Blackberry on Demand Indosat umumnya, yang memungkinkan pelanggan dapat mengaktifkan sendiri layanan tersebut.

Pelanggan dapat langsung mengetik SMS BISLITE dan dikirimkan ke 889 atau dengan menekan *123*6*1#.

Layanan itu saat ini menjadi tarif paling murah mengungguli layanan Blackberry termurah sebelumnya yakni Rp100 ribu/bulan dari operator GSM, Axis.

Bedanya layanan Blackberry Axis memiliki fasilitas yang lengkap termasuk untuk browsing. (*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009