Jayapura (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini bagi masyarakat untuk mewaspadai hujan deras disertai kilat dan angin kencang antara Selasa hingga Rabu (14/10) yang berpeluang terjadi di Papua bagian barat, timur, utara dan selatan.

BMKG yang prakiraannya dipantau di Jayapura, Selasa juga memperingatkan masyarakat agar mewaspadai hujan deras disertai petir dan angin kencang untuk sebagian besar wilayah Maluku, Sulawesi bagian barat, tengah, utara dan selatan, serta Kalimantara bagian barat, timur dan tengah.

Berikutnya di Jawa bagian barat, pesisir timur Sumatera bagian utara dan tengah, sebagian besar Sumatera serta pesisir barat Sumatera.

Sementara itu, antara Kamis (15/10) hingga Jumat (16/10), kondisi serupa juga berpeluang terjadi di Papua bagian barat, timur, utara dan selatan, Maluku bagian tengah serta Sulawesi bagian utara, tengah dan selatan.

Hal yang sama juga berlaku di Kalimantan bagian barat, timur dan tengah, sebagian Jawa bagian barat, pesisir timur Sumatera bagian utara dan tengah, sebagian Sumatera serta pesisir barat Sumatera.

Adapun prakiraan cuaca Selasa hingga Rabu (14/10) di sejumlah daerah di Papua menunjukkan peluang hujan ringan dan berawan.

Peluang hujan ringan dengan suhu minimum 23 derajat dan maksimum 33 derajat Celsius terjadi di Sorong dan Manokwari.

Sedangkan di Jayapura, hujan ringan mungkin turun dengan suhu rata-rata 22 hingga 33 derajat dan di Biak dengan suhu 23 sampai 29 derajat Celsius.

Adapun cuaca berawan berpeluang terjadi di Merauke dengan suhu berkisar 22 hingga 35 derajat Celsius.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009