Jakarta, (ANTARA News) - Juru bicara Kepresidenan Dino Patti Djalal mengatakan  penundaan kunjungan Presiden Barack Obama ke Indonesia tidak terkait alasan keamanan.

Hal itu dikemukakan oleh Dino di Kantor Kepresidenan Jakarta, Rabu, saat menyampaikan konfirmasi terkait kunjungan Presiden Obama ke Indonesia pada tahun depan.

Sebelumnya sekalipun belum ada pernyataan resmi, telah tersiar kabar bahwa Presiden Obama akan ke Indonesia pada November 2009, seusai mengikuti pertemuan APEC di Singapura.

"Bukan...tidak ada masalah keamanan," kata Dino saat ditanya apakah penundaan terkait dengan peristiwa pengeboman dua hotel berbintang di Jakarta beberapa bulan lalu ataupun ancaman terorisme.

Ia menjelaskan bahwa kedua belah pihak telah membahas berbagai opsi terkait waktu kunjungan Presiden Obama ke Indonesia.

Menurut Dino, kedua belah pihak tidak menginginkan suatu kunjungan yang terburu-buru mengingat Presiden Obama pernah melewatkan masa kecil di Indonesia sehingga disepakati waktu kunjungan tahun depan pada tanggal yang akan ditetapkan kemudian.

"Memang benar perlu waktu yang tepat. karena kunjungan ini harus spesial dan produktif mengingat Presiden Obama pernah menghabiskan masa kecilnya di sini," ujarnya.

Barack Obama yang memenangkan pemilihan umum AS tahun lalu dan merupakan presiden keturunan kulit hitam pertama tersebut pernah menghabiskan masa kecil di Indonesia karena berayahtirikan seorang WNI.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Obama telah melakukan beberapa kali pertemuan di sela-sela sejumlah pertemuan internasional yang melibatkan kedua negara.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009