Suzuka (ANTARA News/Reuters) - Sebastian Vettel memenangi Grand Prix Jepang, Minggu, dan menghidupkan harapannya untuk menjuarai Kejuaraan Dunia Formula Satu musim ini yang tinggal menyisakan dua seri lomba lagi.

Jenson Button masih memimpin klasemen umum kejuaraan dunia dengan keunggulan 14 poin di atas peringkat kedua Ruben Baricello.

Kemenangan pembalap Jerman berusia 22 tahun dari tim Red Bull itu merupakan yang ketiga kalinya musim ini.

Ia kini di urutan tiga klasemen kejuaraan dunia, 16 poin di bawah Button yang di GP Jepang ini finis kedelapan.

"Akhirnya kami melakukannya, saya berteriak di radio ...bagus untuk kembali ke posisi pertama pada Minggu," kata Vettel, pembalap Jerman pertama di luar keluarga Schumacher yang bisa memenangi tiga seri lomba dalam satu musim.

Sementara itu Ruben Barricello dari Brazil finis di urutan ketujuh pada lomba di sirkuit Suzuka pada petang yang cerah itu.

Pembalap Italia Jarno Trulli dari Toyota menjadi runner up di GP Jepang ini, sementara Lewis Hamilton dari McLaren pada urutan tiga, disusul pembali tim Ferrari Kimi Raikkonen.

Button bisa memastikan gelar ketika ia sudah meraih lima poin lebih banyak di bandingkan Barrichello, tapi Sabtu lalu keduanya mendapat penalti lima tempat dalan grid.

Kesempatan Button untuk memastikan gelar dari GP Jepang ini semakin kecil ketika ia menyelesaikan lap pertama di urutan 11.

Namun ia bisa melewati pembalap tim BMW-Sauber Robert Kubica, dan kemudian meningkat dua tempat lagi ketika pembalap McLaren Jeikki Kovalainen dan Adrain Sutil dari tim Force India bertabrakan di depannya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009