Tokyo (ANTARA News/AFP) - Favorit juara, Maria Sharapova, maju ke perempatfinal turnamen tenis Pan Pacific Terbuka, Rabu, setelah mengalahkan rekan senegaranya dari Rusia, Alisa Kleybanova.

Mantan petenis putri nomor satu dunia itu, yang menjadi juara Pan Pacific Terbuka 2005, berhasil mengatasi kekalahannya di set pertama untuk meraih kemenangan 2-6, 6-2, 6-2 atas rekan senegaranya yang berperingkat ke-29.

Sharapova mengakui bahwa pengembalian servisnya yang membuat perbedaan.

"Saya kira di lapangan keras yang cepat ini, servis dan pengembalian servis merupakan kunci sangat penting bagi pertandingan tersebut, karena orang dapat meraih keuntungan mendapatkan angka, suatu kesempatan yang sangat baik untuk meraih kemenangan," kata Sharapova.

"Khususnya seperti seorang pemain hari ini yang kekuatannya adalah servis keras, Anda benar-benar ingin menghindarinya dan kemudian Anda dapat mengatasinya dengan servis Anda sendiri."

Mengenai kekalahannya di set pertama, Sharapova mengatakan, "Dia memulai pertandingan sangat baik, dia memulainya benar-benar secara kuat. Permainan relinya panjang dan dia mampu melakukan pukulan `winner`."

Sharapova, yang berperingkat ke-25, melakukan kesalahan ganda pada saat kedudukan break point di game pembukaan dan gagal mengejar ketertinggalannya ketika pukulan backhandnya menyangkut di net saat set-point pertama untuk Kleybanova.

Tetapi, setelah itu Sharapova tidak pernah dalam bahaya, dan mengatasi rekan senegaranya itu dalam waktu hanya dua jam.

Mantan petenis putri nomor satu lainnya, Jelena Jankovic dari Serbia, mendominasi Elena Vesnina, sebelum petenis Rusia itu mengundurkan diri dari pertandingan karena cedera paha kirinya pada saat kedudukan 6-1, 3-0.

Unggulan ketujuh itu adalah pemain berperingkat tertinggi yang masih bertahan, setelah pemain unggulan lainnya tersisih di babak-babak awal.

Petenis nomor satu dunia dan juara bertahan, Dinara Safina, rekan senegaranya dari Rusia, Svetlana Kuznetsova, dan Elena Demenieva, dan Venus Williams dari Amerika, semuanya sudah tersingkir.

Di perempatfinal hari Kamis, Jankovic akan berhadapan dengan unggulan ke-14, Marion Bartoli dari Prancis, yang menyisihkan Anastasia Pavlyuchenkova dari Rusia, 4-6 6-2, 7-5.

Sharapova akan berhadapan dengan Iveta Benesova dari Republik Cheska, yang menyingkirkan pemain kualifikasi Chang Kai-chen dari Taiwan 7-5, 6-2. Chang membuat kejutan dengan mengalahkan Safina di babak kedua, Senin.

Dalam pertandingan babak ketiga lainnya, petenis nomor satu Asia, Li Na dari China, mengalahkan Kateryna Bondarenko dari Ukraina, 2-6, 7-5, 6-3.
(*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009