TOKYO, 30 Sept (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) --

     Polyplastics Co, Ltd. dan WinTech Polymer Ltd sama-sama telah berhasil mengembangkan DURANEX(R) 330GW, bahan PBT tahan api yang merupakan resin PBT pertama di dunia yang memiliki karakteristik kawat bercahaya sesuai dengan semua ketebalan yang direkomendasikan oleh standar IEC baru (Catatan 1-3), dengan menggabungkan teknologi ketahanan terhadap api baru dengan teknologi senyawa canggih milik kami. DURANEX(R) 330GW yang baru dikembangkan ini meniadakan perlunya pelanggan melakukan uji pengapian kawat cahaya (GWT), terlepas dari ketebalan dinding atau bentuk bagian, sehingga memungkinkan baik pengurangan biaya maupun pengembangan yang lebih efisien.

     1. Latar belakang
     Standar UL94 Underwriters Laboratories Inc. yang mendefinisikan ketahanan terhadap api bagian-bagian elektronik dikenal baik. Standar ini menetapkan bahwa potongan-potongan uji akan dikenai langsung api dari kompor guna mengevaluasi sifat mudah terbakar. Namun, karena kebakaran dapat disebabkan oleh baik api langsung maupun pengapian listrik, permintaan akan keselamatan tahan api dengan penekanan khusus pada penyebab pengapian listrik komponen listrik dan elektronik telah tumbuh pesat baru-baru ini.

     Dengan demikian, standar ketahanan terhadap api International Electrotechnical Commission (IEC) dibuat lebih ketat dan direvisi secara luas pada tahun 2001. Standar ketahanan terhadap api ini sangat ketat, dan memerlukan bahan-bahan yang hampir tidak menyala. Dalam merespon revisi standar keamanan ini, permintaan akan produsen peralatan elektronik rumah di AS dan Eropa untuk menggunakan komponen dengan ketahanan kawat nyala telah meningkat tajam. Namun, selama teknologi tahan api konvensional telah diadopsi, PBT (polybutylene tereftalat) telah dianggap tidak mampu memenuhi standar ini.

     2. Tinjauan
     Kami telah berhasil mengembangkan bahan PBT tahan api bernama DURANEX(R) 330GW yang menawarkan karakteristik kawat cahaya yang luar biasa dengan menggabungkan teknologi tahan api canggih inti kami dengan kemajuan terbaru di bidang teknologi senyawa daerah dan canggih ini (Catatan 4). Menggunakan DURANEX(R) 330GW akan membebaskan bagian-bagian yang terbuat darinya dari uji pengapian kawat cahaya (GWT) dan tidak membatasi ketebalan dinding bagian,
terlepas dari bentuknya.

     3. Prospek Masa depan
     Saat ini, pasar terus mengawasi lebih ketat keamanan peralatan listrik, dan semakin banyak produsen peralatan elektronik rumah meninjau kembali standar keselamatan tahan api standar internal mereka dengan mengacu pada standar keselamatan yang direvisi IEC. Oleh karena itu, pasar Jepang mungkin juga memerlukan standar ketahanan terhadap api yang lebih ketat, dan permintaan akan bahan-bahan yang memiliki karakteristik kawat nyala yang sangat baik diperkirakan akan meningkat. Kami bertekad menangani kebutuhan tersebut dengan cara yang tepat dan berperan dalam pencegahan kebakaran yang melibatkan bagian-bagian listrik dan elektronik berkaitan dengan pengapian listrik.

Tabel 1: Karakteristik DURANEX(R) 330GW

Metode uji                             Pos kelas yang baru dikembangkan
                                            ISO          Unit                      330GW
                                                                                Diperkuat oleh GF30%
Kepadatan                          1.183          g/cm3                    1,76
Kekuatan tarik                   527-1, 2         MPa                       87
Regangan pecah tarik         527-1, 2          %                         0,9
Kekuatan pembengkokan     178              MPa                      130
Modulus elastis
dalam flexture                      178              MPa                   11.000
Kekuatan dampak charpy
(dengan takik)                     179-1            kJ/m2                    5,2
Suhu defleksi
di bawah beban
(1,8 MPa)                           75-1, 2          derajat C                208
Sifat mudah terbakar            (UL94)               -                 V-0 (0.32mm)
                                      derajat C           0.75mm            lebih dari 775
GWIT (*)                  (IEC 60695-2-13)         1.5mm            lebih dari 775
                                                               3.0mm             lebih dari 775
CTI                              (IEC 60112)               V                 lebih dari 250

(*): Nilai uji oleh VDE, lembaga sertifikasi Jerman (warna alami)

     Catatan 1: Pertama di dunia
     Nilai suhu pengapian kawat nyala (GWIT) DURANEX (R) 330GW, dalam warna hitam dan alami, melebihi 775 derajat C pada semua ketebalan yang dianjurkan (0,75 mm, 1,5 mm, 3,0 mm) dalam uji yang dilakukan oleh VDE, lembaga sertifikasi Jerman. Untuk pengetahuan terbaik kita, per 31 Agustus, 2009, 330GW adalah resin PBT pertama yang mencapai ini di dunia.

     Catatan 2: standar IEC Baru
     Standar IEC yang baru adalah edisi keempat IEC60335-1 mengenai keselamatan peralatan rumah tangga (barang-barang putih/white goods). Standar ini mengharuskan komponen peralatan rumah tangga yang beroperasi tanpa pengawasan memenuhi karakteristik kawat nyala berikut terhadap bagian yang terbuat dari bahan isolasi, yang mendukung koneksi yang membawa arus melebihi 0,2 A dalam operasi rutin, dan bagian yang terbuat dari bahan isolasi yang terletak dalam sambungan 3 mm: Dalam hal karakteristik kawat nyala mereka, indek mudah terbakar kawat nyala (GWFI) dan temperatur pengapian kawat nyala (GWIT) dari bahan yang terdiri dari bagian ini akan melebihi masing-masing 850 derajat C dan 775 derajat C. Salah satu fitur standar ini adalah bahwa bagian dan produk yang terbuat dari bahan yang memenuhi persyaratan ini dibebaskan dari uji pengapian kawat cahaya (GWT). Akibatnya, permintaan pasar akan material dengan rating GWIT yang luar biasa adalah sangat tinggi.

     Catatan 3: Uji kawat nyala
     Metode untuk menguji GWIT ditetapkan dalam IEC60695-2-13. GWIT diwakili oleh nilai yang dihitung dengan menambahkan 25 derajat C pada suhu maksimum (dalam langkah-langkah 25 derajat C) di mana bagian yang diuji tidak menyala bila terus terkena kawat cahaya (hot rod) selama 30 detik. Tiga ketebalan dianjurkan untuk bagian yang diuji: 0.75 mm, 1,5 mm, dan 3,0 mm. Ketebalan dinding yang berlaku untuk produk akhir terbatas pada ketebalan bagian yang lolos uji. Ini berarti bahwa jika bahan yang lolos ketiga ketebalan yang dianjurkan digunakan, tidak ada pembatasan akan dikenakan pada ketebalan dinding bagian, dan bagian yang terbuat dari bahan tersebut akan dibebaskan dari uji pengapian kawat cahaya (GWT), terlepas dari bentuk produk.

     Catatan 4: Pengembangan resin PBT dengan karakteristik kawat cahaya yang luar biasa
     Dalam pengujian yang dilakukan oleh VDE, lembaga sertifikasi Jerman, DURANEX(R) 330GW memenuhi nilai GWIT sebesar 775 derajat C yang diperlukan oleh IEC60335-1 pada semua ketebalan yang dianjurkan sebesar 0,75 mm, 1,5 mm, dan 3,0 mm. Oleh karena itu, komponen elektronik, termasuk relai, saklar, dan konektor, yang terbuat dari DURANEX(R) 330GW akan bebas dari pembatasan pada ketebalan dinding produk akhir dan dibebaskan dari uji pengapian kawat cahaya (GWT) oleh VDE, terlepas dari bentuk produk, sambil tetap sesuai dengan persyaratan tahan api IEC60335-1. Indeks pelacakan komparatif (CTI) bahan ini luar biasa yakni lebih dari 250 V, yang memungkinkannya memenuhi persyaratan keselamatan api elektronik, yang baru-baru ini telah dibuat lebih ketat, menjadi derajat yang besar. Selain itu, DURANEX(R) 330GW mencapai V-0 pada ketebalan 0,32 mm sehubungan dengan persyaratan ketahanan terhadap api UL94.

Tentang Polyplastics Co, Ltd
Presiden: Noboru Goto,
Kantor Pusat: Minato-ku, Tokyo, Jepang

Tentang WinTech Polymer Ltd.
Presiden: Ryuichi Sekita
Kantor Pusat: Minato-ku, Tokyo, Jepang

Sumber: Polyplastics Co, Ltd.

Hubungi: Kei Ibano
Departemen Administrasi
Polyplastics Co, Ltd.

Tel: +81-3-6711-8600
E-mail: 330GW@polyplastics.com
URL: http://www.polyplastics.com

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009