Herat, Afghanistan (ANTARA News) - Satu bom pinggir jalan yang ditujukan terhadap seorang menteri kabinet Afghanistan meledak di kota Herat, Afghanistan barat, Ahad, sehingga menewaskan tiga orang, kata beberapa pejabat.

Menteri Energi dan Perairan Mohammad Ismail Khan, komandan kenamaan anti-Taliban, tidak cedera, kata polisi seperti dilaporkan Reuters.

Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap Khan tersebut, seorang anggota penting Aliansi Utara, yang pasukannya membantu pasukan AS dalam menggulingkan faksi santri Taliban pada 2001.

"Sasarannya adalah Ismail Khan," kata Zabihullah Mujahid, jurubicara Taliban, melalui telefon dari satu tempat yang tak diungkapkan.

Ledakan itu terjadi di luar satu sekolah di Herat, menewaskan tiga orang dan melukai 16 orang lagi, kata penduduk dan seorang dokter.

Satu stasiun televisi swasta melaporkan ledakan tersebut disebabkan oleh seorang pembom bunuh diri sewaktu seorang menteri kabinet melewati satu jalan menuju bandar udara kota itu.

Polisi di ibukota Afghnistan, Kabul, menyatakan Khan selamat dalam serangan tersebut tanpa cedera.

"Ia sedang berada dalam perjalanan ke Kabul dan ia baik-baik saja," kata satu sumber polisi di Kabul. "Tetapi beberapa warga sipil meninggal." (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009