Jakarta (ANTARA News) - Juara Olimpiade Athena 2004 Taufik Hidayat menghentikan penampilan mengesankan Simon Santoso pada semifinal Jepang Terbuka Super Series, Sabtu.

Simon yang mengalahkan peringkat satu dunia Lee Chong Wei dari Malaysia dan semifinalis Kejuaaan Dunia Sony Dwi Kuncoro dalam perjalanannya menuju semifinal, menyerah kepada Taufik dalam pertandingan tiga game 21-13, 12-21, 18-21 di Tokya Metropolitan Gymnasium.

Taufik yang kehilangan game pertama sebelum akhirnya memenangi pertandingan mengatakan bermain sabar adalah kunci kemenangannya.

"Melawan dia harus sabar dan jangan mengikuti permainan dia," kata Taufik, finalis dua tahun lalu.

Pada final turnamen berhadiah total 200.000 dolar AS tersebut, Taufik akan menghadapi pemain China Bao Chunlai yang menyisihkan unggulan delapan Nguyen Tien Minh dari Vietnam 21-15, 21-16.

"Ini kesempatan saya, masa kalah terus sama dia," kata Taufik yang sejak awal tahun ini meninggalkan Pelatnas.

Sementara itu, dua ganda campuran Indonesia Nova Widianto/Liliyana Natsir dan Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa gagal membukukan final sesama pasangan Indonesia setelah keduanya tumbang di semifinal.

Nova/Liliyana yang tahun ini baru meraih satu gelar Super Series di Malaysia Terbuka, kalah oleh pasangan Denmark unggulan keenam Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen 18-21, 12-21.

Sedangkan Vita yang tahun lalu menjadi juara bersama Muhammad Rijal, kali ini bersama Hendra menyerah kepada pasangan Thailand Songphon Anugritayawon/Kunchala Voravichitchaikul 18-21, 16-21.

Final tunggal putri mempertemukan dua pemain China setelah Wang Xin mengalahkan unggulan kedua Wang Lin 21-15, 21-17, dan Wang Yihan menang atas pemain Jepang Eriko Hirose 18-21, 21-12, 21-9.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009