Peshawar, Pakistan (ANTARA News/AFP) - Seorang komandan terkemuka Taliban yang cedera dalam satu operasi militer di mana dia ditangkap pekan lalu, tewas akibat luka-luka yang dia derita Ahad, kata militer Pakistan.

"Sher Mohammad Qasab, yang menderita luka tembakan beberapa peluru Ahad pagi meninggal akibat cederanya," kata militer dalam pernyataannya.

Pihak militer Rabu menahan Sher Mohammad Qasab, yang adalah salah seorang komandan senior Taliban yang paling dicari di Lembah Swat, dengan tawaran hadiah ratusan ribu dolar.

"Satu regu dokter militer telah merawat Sher Mohammad Qasab, namun dia tidak bisa dipertahankan," kata pernyataan itu.

Militer sebelumnya mengatakan, bahwa Qasab menderita luka dan ditahan di dalam satu operasi militer, dalam operasi tersebut tiga anaknya tewas dan lainnya berhasil ditangkap.

Penangkapan Qasab adalah pejabat ketiga yang ditahan sejak pemerintah mengumumkan penangkapan juru bicara Taliban Swat, Muslim Khan dan Mahmood Khan, seorang komandan wilayah utara.

Pihak militer mengatakan, Sher Muhammad Qasab adalah komandan Taliban di Charbagh, pusat distrik pegunungan barat laut di mana Pakistan melancarkan serangan terhadap gerilyawan pada Mei lalu.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009