Jakarta (ANTARA News) - Ribuan masyarakat rela mengantre hingga berjam-jam untuk bersalaman dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani dalam acara open house di Istana Negara, Jakarta, Minggu.

Open house untuk masyarakat umum digelar mulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, namun sudah ada warga yang rela datang sejak pukul 08.00 WIB.

Mereka hanya bisa menunggu di parkiran Gedung Sekretariat Negara karena baru diperkenankan masuk ke Istana Negara pada pukul 14.00 WIB.

Di pintu pemeriksaan menuju Istana Negara, disediakan thermo scanner untuk memindai temperatur tubuh setiap warga.

Masyarakat yang ingin bersalaman dengan Presiden Yudhoyono dibagi dalam sepuluh kelompok warna kartu berbeda. Setelah menunggu di tenda besar di parkiran Gedung Sekretariat Negara, mereka lalu menunggu lagi di tenda besar depan Istana Negara.

Seperti tahun lalu, terdapat kelompok tuna netra dalam jumlah besar yang bersilaturahmi dengan Presiden.

Untuk menghibur warga yang mengantrI, disediakan panggung hiburan yang menyajikan kelompok musik "Debu".

Presiden yang hanya didampingi oleh Ibu Ani kemudian menyalami warga satu per satu. Setiap warga yang bersalaman dengan Presiden tidak sampai satu menit berada di Istana Negara untuk bersalaman dengan keduanya.

Pada Lebaran tahun ini, dua putra Presiden tidak mendampingi orang tua mereka. Agus Harimurti Yudhoyono sedang menempuh kuliah di Universitas Harvard, Amerika Serikat, sedangkan anak keduanya, Eddhie Baskoro, menurut Ani Yudhoyono sedang mendapatkan tugas khusus dari ayahnya.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009