London (ANTARA News/Reuters) - Arsenal bangkit setelah dua kekalahan beruntun di awal kompetisi Liga Utama Inggris, dengan menaklukkan Wigan Athletic 4-0, Sabtu.

Arsenal kalah dari Manchester United dan Manchester City, yang akan saling bertemu pada Minggu, dalam dua laga sebelumnya.

Namun menghadapi Wigan, Arsenal dapat menunjukkan keperkasaannya dengan dua gol oleh Thomas Vermaelen dan masing-masing satu gol oleh Emmanuel Eboue dan Cesc Fabregas.

Pada pertandingan lainnya Aston Villa mencatat kemenangan 2-0 atas Portsmouth yang masih belum mendapat satu poin pun dalam enam kali tampil.

Start gemilang klub pendatang baru Burnley berlanjut ketika mereka mengalahkan Sunderland 3-1 melalui gol-gol David Nugent, sedangkan Birmingham City menang tipis atas Hull City 1-0.

Kemenangan atas Portsmouth, memberikan tambahan angka bagi Villa menjadi 12, sama seperti Tottenham Hotspur, Manchester City dan Manchester United -- sementara Chelsea masih melaju dengan poin maksimum 15 dari lima pertandingan.

Di Stadion Emirates, setelah dua kali bertandang tanpa hasil, Arsenal menunjukkan penampilan terbaiknya di kandang sendiri.

Dominasi mereka membuahkan hasil pada menit ke-25 ketika umpan tendangan sudut Robin van Persie disundul Vermaelen.

Eboue nyaris mencetak gol 10 menit kemudian, sementara Van Persie juga mendapat peluang emas menjelang babak pertama usai.

Vermaelen, yang pindah dari Ajax Amsterdam dengan nilai 16,35 juta dolar, mencetak gol kedua melalui tendangan melengkung dari kaki kirinya ketika babak kedua baru berjalan empat menit.

Eboue membuat tuan rumah unggul 3-0 pada menit ke-59, yang kemudian dilengkapi dengan gol Cesc Fabregas menjelang pertandingan usai.

Wigan juga sempat membahayakan gawang Arsenal. Di antaranya ketika pemain pengganti Paul Scharner membuat gol namun posisinya sudah offside.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009