Merak (ANTARA News) - Dermaga Penyeberangan Pelabuhan Merak, Banten, pada Sabtu siang tampak lengang dan tidak ada antrian kendaraan yang akan menuju Pelabuhan Bakauheni,Provinsi Lampung .

Berdasarkan pantauan, Sabtu, pukul 14.00 WIB, suasana Dermaga I sampai V Pelabuhan Merak tampak sepi, padahal sejak H-7 hingga H-3 menumpuk kendaraan di dermaga pelabuhan tersebut.

Saat ini, kondisi dermaga tampak sepi dari berbagai jenis kendaraan. Kendaraan yang datang di dermaga pelabuhan mereka langsung naik ke atas kapal roro untuk menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni.

"Saya kira sepinya kendaraan itu karena pada H-4 dan H-3 merupakan puncak mudik," kata petugas perusahaan Angkutan, Sungai , Danau dan Penyeberangan (ASDP), Yanto .

Menurut dia, kemungkinan besar diperkirakan pemudik yang menggunakan kendaraan kembali terjadi lonjakan pada Sabtu malam .

Selama ini, kata Yanto , lonjakan pemudik terjadi peningkatan pada malam hari baik pemudik pejalan kaki maupun pemudik pengguna kendaran.

Dia menjelaskan, akibat sepinya dermaga Pelabuhan Merak kini tidak terlihat aparat polisi mengatur lalu lintas kendaraan yang akan naik ke atas kapal Roro.

Kepala Cabang ASDP Pelabuhan Merak, Tedja Suparman, mengatakan, pihaknya memperkirakan pada Lebaran tahun 2009 inijumlah pemudik meningkat sekitar 10 persen dibandingkan tahun lalu.

Peningkatan tersebut, karena pemudik pejalan kaki dan pemudik pengguna kendaraan mengalami lonjakan, terutama pada H-4 dan H-3 hingga mencapai 80 ribu kendaraan.

"Kami hingga saat ini terus memberikan layanan terbai bagi pemudik dengan mengoperasikan sebanyak 29 kapal Roro," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009