Jakarta (ANTARA News) - Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Kamis pagi menguat tajam menembus angka Rp9.600 per dolar AS, karena meningkatnya kebutuhan terhadap rupiah oleh para pelaku pasar.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar naik menjadi Rp9.580-Rp9.600 per dolar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp9.690-Rp9.700 atau naik 110 poin.

Pengamat pasar uang, Farial Anwar di Jakarta, Kamis mengatakan, faktor utama yang mendorong rupiah terus menguat hingga dibawah angka Rp9.600 per dolar, karena masuknya dana asing (capital inflow) ke dalam negeri.

Pelaku asing itu melepas dolar dan membeli rupiah untuk bermain di bursa efek Indonesia untuk membeli saham-saham murah, katanya.

Menurut dia, rupiah apakah akan terus menguat atau melemah, karena ini tergantung dari pelaku pasar sendiri terutama asing, apabila dinilai sudah cukup tinggi, maka akan terjadi aksi profit taking.

"Kita lihat saja apakah rupiah masih berpeluang untuk naik lagi atau sebaliknya mengalami penurunan tajam, " ucapnya.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009