Depok (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) memberikan bantuan kepada korban gempa di Tasikmalaya, Jawa Barat, dengan mendistribusikan 1143 selimut dan 296 sarung.

"Bantuan ini untuk meringankan beban para korban gempa," kata Deputi Direktur Kantor Komunikasi Universitas Indonesia, Devie Rahmawati, di Depok, Jabar.

Bantuan tersebut akan diserahkan kepada warga di kawasan Desa Marga Mukti, Desa Pengalengan, Desa Tribakti Mulya, Kecamatan Pengalengan, Jawa Barat.

Bantuan selimut ini diberikan atas dasar survei bahwa ada kebutuhan mendesak akan selimut, mengingat banyak pengungsi yang mengalami sakit bahkan meninggal akibat kedinginan di pengungsian.

Sebelumnya UI juga menyusul bantuan yang telah diberikan oleh UI melalui tim dari Fakultas Kesehatan Masyarakat pada 5 ? 7 September 2009 lalu.

Adapun bantuan yang diberikan ialah 1 ton Beras; 80 box Mie instan; 65 box Air mineral, 100 lembar Selimut, 100 paket Perlengkapan mandi (sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, dan deterjen),

Devie mengatakan dalam penanganan bencana, UI memiliki dua karakteristik program yaitu yang bersifat jangka pendek berupa bantuan langsung dan jangka panjang yaitu pendampingan masyarakat oleh para ahli yang melibatkan ilmuwan UI dari berbagai bidang seperti psikologi, Kesehatan, dan Teknik Sipil.

Gempa bumi berkekuatan 7,3 skala Richter yang mengguncang Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/9), membuat warga sekitar berhamburan keluar rumah.

Gempa yang terjadi pukul 14.55 WIB dan berlangsung sekitar satu menit itu juga dirasakan di Jakarta dan beberapa wilayah di Jawa Barat.(*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009