Jakarta (ANTARA News) - Ganda putra Indonesia hanya menyisakan pasangan Bona Septano/Muhammad Ahsan pada perempatfinal Korea Terbuka Super Series saat dua ganda lainnya tumbang.

Dalam pertandingan babak 16 besar di Olympic Gymnasium, Seoul, Kamis, Bona/Ahsan mengalahkan ganda Denmark Rasmus Bonde/Mikkel Delbo Larsen 21-14, 21-16 dalam waktu 29 menit.

Selanjutnya mereka akan menghadapi pasangan Denmark lainnya Mathias Boe/Carsten Mogensen untuk memperebutkan satu tempat di semifinal, setelah unggulan keempat itu menyisihkan Hu Chung Shien/Tsai Chia Hsin dari Taiwan 21-17, 21-15.

Sementara itu, unggulan pertama Markis Kido/Hendra Setiawan secara mengejutkan tersingkir pada pertandingan pertama mereka dalam turnamen berhadiah total 300.000 dolar AS itu, setelah mendapat bye pada putaran pertama.

Pasangan yang pekan lalu terhenti di semifinal setelah kalah dari pasangan Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan itu, menyerah pada ganda Taiwan Fang Chieh Min/Lee Sheng Mu 21-10, 11-21, 21-18.

"Lawan mainnya bagus banget tadi," ujar Markis Kido yang hingga kini masih menduduki posisi teratas peringkat dunia bersama Hendra.

Kekalahan serupa juga dialami pasangan finalis Malaysia Super Series, Alvent/Hendra AG yang gagal mempertahankan keunggulan di awal saat menghadapi unggulan kelima asal Malaysia Choong Tan Fook/Lee Wan Wah.

Setelah memenangi game pertama dengan mudah 21-11, Alvent/Hendra AG tertinggal pada game kedua sehingga kehilangan game tersebut pada kedudukan 16-21.

Pada game penentuan, pasangan Malaysia langsung merebut sembilan angka pertama untuk melaju meninggalkan Alvent/Hendra AG, dan meskipun pasangan Indonesia itu mampu memperpendek jarak, mereka tidak berhasil mengejar sehingga menyerah kalah 19-21.

Kekalahan dua ganda tersebut membuat Bona/Ahsan menjadi satu-satunya wakil Indonesia di ganda putra, sementara pasangan Shendy Puspa Irawati/Meiliana Jauhari menjadi wakil di nomor ganda putri.

Unggulan keenam Shendy/Meiliana yang menang atas Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa dari Jepang 21-19, 18-21, 21-17 akan bertemu unggulan pertama Cheng Wen Hsing/Chien Yu Chin dari Taiwan. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009