Makassar, Sulsel (ANTARA News) - Wakil Presiden, M Jusuf Kalla, menyatakan yakin dan percaya dengan moralitas Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Anwar Nasution, sehingga lembaga itu akan mampu menjalankan tugasnya mengaudit Bank Century dengan baik.

"Jangan berpretensi dengan Anwar Nasution. Saya yakin, saya percaya dengan moralitas Anwar Nasution," kata Wapres M Jusuf Kalla kepada wartawan di kediaman Jl Haji Bau Makassar, Selasa Malam.

Menurut Wapres, adanya ketidakwajaran senilai Rp50 miliar saja akan disuarakan keras oleh Anwar Nasution. Apalagi kasus bank Century yang melibatkan dana lebih dari Rp6 triliun.

"Ini kita bukan bicara soal si A atau si B, tetapi jangan sampai (kasus seperti ini) terulang lagi. Ini soal ketidakwajaran dan ketidakadilan," kata Wapres.

Karena itu, Wapres mengharapkan menunggu hasil audit investigasi yang dilakukan BPK. Wapres menilai adanya ketidakwajaran dalam kasus bank Century ini.

"Wajar ngak sebuah bank kecil ditalangi sampai Rp6 triliun lebih, padahal bank itu dirampok oleh pemiliknya sendiri," kata Wapres.

Menurut Wapres jika hal itu dianggap wajar, maka akibatnya nanti akan banyak pemilik bank yang merampok banknya sendiri dan minta BI talangi.

"Ini kriminal, nanti semua bank bawa lari uang nasabah ke luar negeri dan menyerahkan penyelesaian ke Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)," kata Wapres.

Namun Wapres berharap dalam kasus bank Century ini tidak ada orang yang sengaja tetapi hanya karena ketidak telitian saja. (*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009