Johannesburg, (ANTARA News) - Ghana lolos kualifikasi menuju putaran final Piala Dunia 2010 setelah mengalahkan Sudan 2-0 di Accra, Minggu, untuk memperkokoh kepemimpinan mereka di Grup D.

Ghana menjadi negara pertama dari lima negara yang berkualifikasi dari zona Afrika dan mencapainya dua pertandingan yang masih harus dimainkan, seperti dikutip dari Reuters,

Sulley Muntari, yang menurut pelatih Inter Milan Jose Mourinho kemungkinan mengalami kekurangan energi karena ia tengah berpuasa Ramadhan, membuat Ghana unggul terlebih dulu di menit ke-14.

Pemain Chelsea, Michael Essien, menambahkan gol kedua saat babak kedua baru berlangsung 10 menit, dengan melesakkannya dari jarak kurang lebih 18 meter setelah menjemput bola lepas.

Kemenangan Ghana itu, digabung dengan hasil imbang 1-1 bagi Mali, pesaing terdekat mereka, saat bertanding melawan Benin, menjamin tim yang berjuluk Black Stars (Bintang Hitam) itu unggul dengan tujuh poin dari tim tempat kedua Mali di Grup D.

Mali, yang unggul terlebih dahulu di menit ke-72 saat striker baru mereka Mamadou Samassa mencetak gol dalam debutnya bagi Mali itu, kemasukan satu gol di sisa waktu tiga menit dalam pertandingan melawan Benin di Cotonou. Samassa belum lama ini mengubah kewarganegaraannya dari Prancis.

Pemain junior internasional lain asal Prancis, Nabil Taider, mencetak gol bagi Tunisia saat mereka bermain imbang 2-2 melawan Nigeria untuk mempertahankan keunggulan dua-poin di Grup B.

Oussama Darragi kemudian mencetak gol untuk menyamakan kedudukan dari sudut yang sempit di pertambahan waktu 90 menit dalam pertandingan menegangkan di Abuja, sehingga memberi pukulan keras bagi aspirasi kualifikasi Nigeria.

Nigeria sebenarnya unggul terlebih dahulu di menit ke-27 sete;lah suatu penyelesaian yang cantik dari Peter Odemwingie namun gol balasan Taider terjadi dua menit sesudahnya.

Nigeria lalu berhasil menambah satu gol lagi untuk memulihkan keunggulan mereka ketika satu umpan dari Taye Taiwo memberi kesempatan untuk menembakkan bola ke gawang dari jarak dekat oleh pemain pengganti Michael Eneramo di menit ke-81.

Gol Darragi untuk menyamakan kedudukan mengundang hujan protes dari para penggemar tim tuan rumah yang melempari kedua tim itu dengan segala jenis barang setelah gol Darragi tersebut dan peluit tanda pertandingan berakhir dibunyikan.

Pemain asal Maroko Adil Taarabt masuk sebagai pemain pengganti dan menggiring bola untuk mendobrak pertahanan Togo di menit akhir di Lome, Minggu untuk memberi hasil imbang 1-1 kepada negaranya dalam pertandingan mereka di Grup A.

Togo mencetak gol setelah pertandingan berlangsung empat menit melalui tembakan Moustapha Salifou dan hasil imbang melawan tim terbawah dalam grup itu merupakan suatu pukulan atas harapan mereka untuk bisa lolos kualifikasi.

Togo yang kini mengantungi lima poin dari empat pertandingan berada di peringkat kedua di bawah Gabon yang sudah memiliki enam poin dari tiga pertandingan.

Hanya lima juara grup bisa lolos ke putaran final Piala Dunia dari zona Afrika ini. Afrika akan memiliki enam wakil di Piala Dunia 2010 karena Afrika Selatan sebagai tuan rumah akan otomatis masuk ke putaran final tahun depan.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009