La Coruna, Spanyol (ANTARA News) - Pasangan Valencia David Silva dan David Villa masing-masing mencetak dua gol untuk memperkokoh kepemimpinan Spanyol di Grup Lima ketika mereka menekuk Belgia 5-0 dalam pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia, Sabtu.

Silva membuka banjir gol itu dengan gol pertamanya sesaat menjelang waktu turun minum dan juara Eropa itu menghujani gawang Belgia dengan gol di babak kedua.

Villa, yang gagal melesakkan tendangan penaltinya di babak pertama, dan Gerard Pique mencetak gol di awal babak kedua sebelum Silva dan Villa kembali mencetak gol keempat dan kelima Spanyol guna memetik kemenangan telak.

Tim asuhan Vicente del Bosque mempertahankan rekor 100 persen untuk memimpin grup itu dengan selisih enam poin dari Bosnia di posisi kedua, yang mengalahkan Armenia 2-0 pada Sabtu pagi. Belgia saat ini berada di posisi keempat dengan selisih 14 poin dari Spanyol.

"Kami bermain dengan sangat baik sejak awal dan sudah unggul saat waktu turun minum," ujar Villa kepada televisi Spanyol setelah menambah koleksi golnya pada pertandingan internasional menjadi 33 gol.

"Itu hasil yang cukup lumayan bila anda mempertimbangkan jumlah peluang yang kami ciptakan," katanya seperti dikutip Reuters.

Belgia terpaksa menurunkan kiper pilihan-ketiganya karena kiper utamanya cedera tetapi Jean-Francois Gillet bersikap penuh percaya diri di awal pertandingan saat Spanyol melakukan serangan bertubi-tubi.

Dia berhasil membloking tembakan Villa di menit awal dan kemudian menyelamatkan gawangnya dari tendangan penaltinya.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009