London,(ANTARA News) - Everton menandatangani kontrak senilai enam juta pound (6,8 juta euro) untuk menggaet pemain belakang Johnny Heitinga dari Atletico Madrid menjelang penutupan transfer pada Selasa waktu setempat.

Heitinga menyetujui kontrak lima tahun itu dengan Everton dan kepindahannya akan diumumkan pada jam-jam terakhir sebelum batas akhir transfer pada pukul 16:00 GMT (23:00 WIB), seperti dikutip dari AFP.

Kepindahan pemain berusia 25 tahun itu terjadi menyusul pemain belakang Prancis Sylvain Distin ke Goodison Park ketika boss Toffees David Moyes bertekad ingin memperkuat lini belakang dengan empat pemain setelah Joleon Lescott pindah ke Manchester City.

Sementara itu Atletico akan menerima tujuh juta pound (7,8 juta euro) untuk pemain internasional Belanda itu.

Sedangkan Tottenham juga tidak mau kalah, tim itu juga menggaet pemain tengah Portsmouth asal Kroasia Niko Kranjcar menjelang batas akhir transfer tersebut.

Boss Tottenham Harry Redknapp menggaet Kranjcar, yang berharga 2,5 juta pound (2,8 juta euro) itu, setelah playmaker Kroasia Luka Modric mengalami cedera patah kaki yang memaksanya harus istirahat selama enam pekan, dan tim akan mengadapi Birmingham pada Sabtu.

Sedangkan Aston Villa juga membelanjakan lima juta pound (5,8 juta euro) untuk merekrut pemain belakang Wales James Collins dari West Ham dan juga sedang berharap bisa menggaet Richard Dunne dari Manchester City dengan harga enam juta pound (6,8 juta euro) jika kontrak belum dipastikan oleh batas akhir.

Collin menandatangani kontrak empat tahun dan akan membuat debutnya melawan Birmingham pada 13 September.

"Itu menjadi gila selama 24 jam sejak berada di sini tapi saya gembira bisa memiliki kontrak, ini rencana fantastis, saya tidak bisa bersabar lagi sekarang," kata Collin.

"Aston Villa klub yang bagus, setelah datang ke sini dan melihat sekitar tempat ini, saya sangat senang," tambahnya.

Boss Portsmouth Paul Hart membuat tiga terobosan dengan merekrut pemain belakang Watford, Mike Williamson, pemain belakang Manchester City Tal Ben Haim dan pemain tengah Benfica Hassan Yebda.

Pemain internasional Israel Ben Haim menyetujui kontrak empat tahun dan status bebas transfernya akan mempermudahnya untuk mendapatkan izin kerja.

Pemain berusia 27 tahun itu bergabung dengan tim papan bawah liga utama Inggris tersebut setelah tim mengalami kekalahan empat kali beruntun dan dia memastikan bisa membantu klub lolos dari zona degradasi.

"Ini tantangan besar karena setelah empat pertandingan kami tidak memiliki poin tapi saya siap untuk menghadapi tantangan itu," kata Ben Haim.

Hart bisa mendapatkan pasangan Ben Haim dan Williamson dari klub Watford dengan nilai tiga juta pound (3,8 juta euro) untuk kontrak empat tahun.

"Dia masih muda, pemain lapar di lapangan tengah," kata Hart tentang Williamson.

Hart juga mendatangkan Yebda dari klub Portugal Benfica, dan pemain berusia 25 tahun kelahiran Prancis berdarah Aljazair itu pindah ke Fratton Park dalam status pinjaman jangka panjang.

Sementara itu striker David Nugent meninggalkan Pompey dan bergabung dengan Burnley dalam status pinjaman enam bulan dengan kemungkinan untuk bisa dikontrak permanen.

Di lain tempat, Stoke City merekrut pemain belakang Danny Cllins dari Sunderland dengan harga 2,75 juta pound (3,1 juta euro), dan fee untuk pemain berusia 29 tahun itu akan naik hingga 3,5 juta pound (3,9 juta euro).

Sedangkan pelatih Fulham Roy Hodgson membawa striker Swedia David Elm dari Kalmar, namun fee tidak disebutkan untuk kontrak selama satu tahun itu.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009