Paris (ANTARA News/AFP) - Grup kosmetik terbesar dunia L`Oreal, Kamis, melaporkan penurunan laba yang cukup besar dalam paruh pertama tahun ini, tetapi mengatakan bahwa penjualannya mulai naik kembali.

Perusahaan Perancis itu mengatakan dalam sebuah pernyataannya, bahwa laba bersih untuk enam bulan pertama tahun 2009 turun 13,7 persen menjadi 1,084 miliar euro (1,559 miliar dolar AS) dibandingkan periode yang sama tahun 2008, sejalan dengan proyeksi para analis.

Laba bersih per saham, sebuah indikator kunci yang digunakan oleh pembuat produk-produk kecantikan terkemuka itu, jatuh 1,5 persen menjadi 2,08 euro.

"Meraih dalam konteks yang sangat sulit, kinerja ekonomi grup pada semester pertama meningkat dan membesarkan hati," kata kepala eksekutif grup Jean-Paul Agon, dalam sebuah pernyataannya.

"Tren penjualan keseluruhan tetap positif dan berakselerasi kembali dalam pasar baru," tambahnya.

"Dengan prospek peningkatan secara bertahap dalam penjualan, dan meskipun berlanjutnya ketidakpastian konteks pasar, kami menangani paruh kedua dengan keyakinan dan tekad untuk terus memperkuat posisi kami."

Laba operasi turun 36 persen dalam kelompok divisi produk mewah, dan 8,3 persen secara keseluruhan, katanya.

Grup melihat laba bersih jatuh oleh lebih dari seperempatnya dari 2008 di tengah kemerosotan ekonomi dunia.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009