Medan (ANTARA News) - Partai Golkar Sumatera Utara hampir dipastikan mengusung Surya Paloh sebagai calon ketua umum partai pada Musyawarah Nasional (Munas) di Kota Pekanbaru, Riau, 4 hingga 7 Oktober mendatang.

"Kita hampir pasti mengusung Pak Surya, meski hingga kini memang belum diformalkan di tingkat DPD," ujar Sekretaris Umum DPD I Partai Golkar Sumut, Azhar Karim Lubis, kepada ANTARA di Medan, Rabu.

Menurut dia, sejauh ini hampir seluruh DPD II Partai Golkar di tingkat kabupaten/kota di Sumut mewacanakan pengusungan nama Ketua Dewan Penasihat DPP Partai Golkar itu sebagai kandidat utama pengganti HM Jusuf Kalla.

Rencananya, masukan-masukan yang diterima DPD I Partai Golkar dari kabupaten/kota akan dibawa ke rapat kerja daerah, yang kemudian akan memutuskan kandidat yang akan diusulkan menjadi pemimpin tertinggi partai berlambang pohon beringin itu.

Ketika ditanya kemungkinan Golkar Sumut mengusung kandidat lain semisal Aburizal Bakrie, Azhar Karim Lubis mengatakan sejauh ini belum ada DPD II Partai Golkar kabupaten/kota yang mengusulkannya.

"Sejauh ini nama Aburizal Bakrie memang belum ada disebut-sebut di sini, jadi peluangnya untuk diusulkan Golkar Sumut sepertinya sangat tipis," katanya.

Sementara tentang masuknya nama Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto sebagai salah satu calon Ketua Umum DPP Partai Golkar, ia mengatakan hal itu sesungguhnya sangat bagus karena yang bersangkutan juga kader Golkar.

"Semua kader Golkar berhak mencalonkan diri, jadi tidak ada masalah dengan pencalonan Tommy," katanya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009