Liverpool (ANTARA News/AFP) - Satu gol bunuh diri oleh pemain asal Brasil, Lucas, sundulan Curtis Davies, dan tendangan penalti Ashley Young, membantu Aston Villa membuat kejutan dengan mengalahkan Liverpool 3-1 di Anfield, Senin.

Pemain gelandang Lucas membelokkan bola tendangan bebas Young sehingga menjebol gawang Liverpool di menit ke-11 sebelum akhir babak pertama dan Davies menambah kemenangan Aston Villa menjadi dua gol di waktu tambahan.

Fernando Torres memperkecil kekalahan timnya 18 menit menjelang pertandingan usai, tetapi setelah Steven Gerrard menjegal Nigel Reo-Coker, Young mencetak gol ketiga Aston Villa melalui titik penalti sehingga membuat "the Red" mengalami kekalahan kedua dari tiga pertandingan pembukaannya.

Juga untuk pertama kalinya sejak Desember 2007, ketika mereka dikalahkan 0-1 oleh Manchester United, bahwa Liverpool dikalahkan di laga Liga Utama Inggris di Anfield, pada saat tim asuhan Rafael Benitez itu kembali frustrasi. Pada musim lalu Liverpool tujuh kali ditahan imbang di kandangnya.

Liverpool melancarkan serangan sejak awal pertandingan dan pada saat pertandingan baru berjalan 34 detik Yossi Benayoun berhasil menyambut umpan lambung Torres dengan tandukannya, tetapi bola hasil sundulannya itu terlalu melebar dari gawang lawan.

Tetapi, Aston Villa yang mestinya unggul terlebih dahulu, ketika umpan silang Nicky Shorey langsung disambut sundulan Davies yang tak terjaga, namun bolan sundulannya langsung mengarah pada penjaga gawang Pepe Reina.

Di menit kesembilan, giliran Liverpool yang gagal memanfaatkan kesempatan emas untuk mencetak gol, karena tendangan Torres dan Benayoun melenceng, sebelum tendangan Steven Gerrad digagalkan Brad Friedel.

Liverpool terus mendominasi pertandingan dan setelah mengurung daerah pertahanan Aaston Villa, Benayoun mengumpan Gerrard, yang tembakannya melintas di atas mistar gawang Friedel.

Tetapi, 11 menit menjelang babak pertama usai, Villa unggul melalui tendangan bebas dari jarak 30 yard dari tiang gawang.

Tendangan Young tampaknya tidak berbahaya, tetapi sundulan Lucas justru membuat bola masuk ke gawang Liverpool.

The Reds segera berusaha menyamakan kedudukan, sementara Glen Johnson menerobos ke kotak penalti dan memberi umpan pada Torres, tetapi bola tendangannya dapat diselamatkan Friedel.

Tetapi, Villa lah yang justru melancarkan serangan berbahaya dan melalui serangan balasan yang cepat, tembakan rendah Nigel Reo Coker menjebol gawang Reina.

Kefrustrasian Liverpool semakin meningkat saat tembakan Javier Mascherano dari jarak 30 yards dapat diselamatkan Friedel.

Dan sementara Aston Villa terus memanfaatkan setiap kesempatan untuk melancarkan serangan, Shorey menerima umpan terobosan dari Steve Sidewell, tetapi bola sundulannya mampu diamankan Reina.

Di waktu tambahan babak pertama Davies berhasil menambah kemenangan timnya melalui sundulannya setelah menerima umpan dari sepak pojok.

Tim asuhan Benitez itu melancarkan serangan-serangan di babak kedua dan Johnson memberi umpan matang kepada Gerrard, namun tembakannya mampu diredam Friedel.

Penjaga gawang asal Amerika itu kembali mampu menahan tembakan Mascherano.

Pada 18 menit menjelang pertandingan usai, Liverpool berhasil memperkecil kekalahannya melalui sundulan Torres setelah mendapat umpan silang Emiliano Insua.

Tetapi, hanya dua menit kemudian, Villa menambah keunggulannya melalui tendangan penalti.

Pada saat Reo-Coker menerobos daerah penalti, ia dijegal oleh Gerrard dan Young melaksanakan tugasnya secara baik dengan mengecoh penjaga gawang Reina.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009