Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama telah menyetujui pembentukan sebuah tim elite yang terdiri dari para pemeriksa untuk memeriksa (menginterogasi) tersangka kunci terorisme, menurut laporan The Washington Post, Minggu.

Mengutip sumber tanpa nama dari pemerintahan, harian itu mengatakan bahwa keputusan itu merupakan bagian dari upaya yang lebih luas untuk memperbaharui kebijakan AS mengenai penahanan dan interogasi.

Obama menandatangani pembentukan unit itu, yang disebut sebagai Kelompok Interogasi Tahanan Tingkat Tinggi (HIG) pekan lalu, menurut laporan itu.

Tim itu akan terdiri dari sejumlah pakar dari beberapa bidang intelejen dan penegakan hukum dengan tuan rumah FBI, katanya.

Kelompok itu akan diawasi oleh Dewan Keamanan Nasional, yang berarti menggeser pusat gravitasi menjauh dari CIA dan memberi Gedung Putih pengawasan langsung, kata The Post seperti dikutip AFP.

Obama mengubah panduan interogasi dan penahanan segera setelah menjabat, termasuk penciptaan gugus tugas pemeriksaan dan kebijakan pemindahan, menurut laporan itu.

Gugus tugas itu, yang penemuannya akan diumumkan ke publik Senin, merekomendasikan unit baru pemeriksaan, bersama dengan perubahan-perubahan lain termasuk cara tahanan dipindahkan ke luar negeri, kata The Post. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009