Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memperkirakan arus modal masuk ke negara-negara berkembang akan positif hingga akhir 2009, khususnya yang melalui pasar modal.

"Forecast arus modal masuk ke negara-negara berkembang hingga akhir tahun ini melalui equity investment akan positif tetapi negatif untuk private creditur," kata Menkeu di Jakarta, Senin.

Menurut Menkeu, saat ini sudah ada pembalikan kepercayaan terhadap pasar modal yang ditandai dengan koreksi positif atas semua indeks di negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

"Kondisi terburuk capital market terjadi pada Maret 2009, setelah itu ada akselerasi indeks harga saham gabungan hingga saat ini," katanya.

Menurut Menkeu, arus modal masuk yang positif itu diperkirakan akan berlanjut pada 2010. Tidak hanya arus masuk melalui pasar modal, tetapi arus masuk modal melalui private creditor juga akan positif.

Menkeu menyebutkan, positifnya arus modal masuk ke negara-negara berkembang itu menunjukkan bahwa perekonomian sudah mulai ada pemulihan dari kondisi krisis.

Pekan depan, kata Menkeu, para Menteri Keuangan G-20 akan mengadakan pertemuan di London sebagai persiapan pertemuan para pemimpin G-20 pada pekan ketiga September 2009 di Amerika Serikat.

"Pertemuan ini menjadi penting untuk melihat apakah pembalikan dari situasi buruk karena krisis sudah nyata," kata Menkeu.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009