London (ANTARA News/Reuters) - Tottenham Hotspur memelihara awal sempurna mereka dalam musim ini saat mereka bangkit dari ketinggalan lebih dulu untuk merebut kemenangan 2-1 atas tuan rumah West Ham United dan bertahan di puncak klasemen liga utama Inggris, Minggu.

Spurs mengumpulkan sembilan poin didampingi oleh Chelsea yang juga merebut kemenangan ketiga mereka secara beruntun dengan menang 2-0 di tetangga dekat mereka, Fulham.

Klub yang baru promosi Burnley meneruskan kemenangan mengejutkan mereka 1-0 atas sang juara Manchester United Rabu lalu dengan kemenangan lainnya, menang 1-0 atas Everton, yang menempati posisi kelima pada musim lalu.

Spurs membuat awal terbaik mereka dalam satu musim sejak 1960-61, saat mereka memenangi 11 pertandingan pertama mereka di liga dan kemudian menjuarai Piala FA dan Liga.

Sukses mereka di Upton Park tidak bisa dilepaskan dari dua kesalahan yang dilakukan West Ham, yang memberikan gol pada mantan pemainm West Ham Jermain Defoe dan Aaron Lennon, setelah sebelumnya Carlton Cole memberi West Ham keunggulan.

Manajer Spurs Harry Redknapp menolak membandingkan timnya saat ini dengan tim tahun 1961, namun mengatakan pada para pewarta, "Saya senang dengan penampilan tim, kami memperlihatkan banyak karakter setelah tertinggal."

"Kami memiliki barisan depan terkecil di dunia dengan

Jermain Defoe, Robbie Keane, dan Luka Modric, namun kami akan meneruskan hal itu."

West Ham unggul lebih dulu sesaat setelah babak kedua dimulai saat Carlton Cole mencetak gol dengan sebuah tembakan dari jarak 12 meter, yang tidak dapat diselamatkan oleh penjaga gawang Spurs Carlo Cudicini.

Namun sekitar lima menit kemudian Cole malah membuat gawangnya kebobolan saat tidak tahu kenapa memberikan umpan ke belakang dari lapangan tengah dan mengarah pada striker Tottenham striker Jermaine Defoe. Defoe kemudian melepaskan tendangan dari tepi kotak penalti yang tidak dapat diatasi penjaga gawang Robert Green, yang membuat kedudukan menjadi imbang.

Spurs kemudian berbalik unggul saat pertandingan tersisa 10 menit saat Aaron Lennon memanfaatkan kesalahan pemain belakang West Ham Jonathan Spector yang tergelincir, untuk melepaskan tembakan melengkung dari tepi kotak penalti. Gol tersebut memberi mereka poin dan keunggulan dalam selisih gol atas Chelsea dalam klasemen.

Sementara itu dalam pertandingan lain, Chelsea, yang disebut-sebut meluncurkan tantangan merebut gelar di bawah pelatih baru mereka Carlo Ancelotti, kembali dari pertandingan tandang mereka yang tidak jauh dengan membawa tiga poin penuh setelah gol dari Didier

Drogba dan Nicolas Anelka mengamankan kemenangan pada pertandingan di Fulham.

Drogba membuat Chelsea unggul setelah menit 39 saat dia bekerja sama dengan Anelka dan melepaskan tembakan yang mengatasi Mark Schwarzer. Anelka memastikan kemenangan dengan mencetak gol setelahj serangan balik Chelsea 14 menit sebelum pertandingan usai.

Burnley mengalahkan Everton berkat gol pada menit ke-34 dari Wade Elliott.

Kemenangan itu membuat Burnley, yang kembali ke liga utama untuk pertamakalinya setelah 33 tahun, berada di posisi ketujuh dalam klasemen dengan enam poin dari tiga pertandingan pertama.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009