Milan (ANTARA News) - Striker Brazil Alexandre Pato mencetak dua gol lewat usaha luar biasa dari Ronaldinho untuk memberi AC Milan kemenangan 2-1 atas tuan rumah Siena dalam laga pembuka musim Liga Utama Italia (Serie A) pada Sabtu.

Tim tamu itu, yang bermain kurang maksimal pada pertandingan pra-musim di bawah asuhan pelatih baru mereka, Leonardo, unggul terlebih dahulu di menit ke-29 ketika Pato dengan tenang mencetak gol setelah rekannya Ronaldinho mengirim umpan matang.

Abdelkader Ghezzal berhasil menyamakan kedudukan bagi tim tuan rumah Siena lima menit kemudian dengan menjebol gawang kiper pengganti Milan, Marco Storari.

Namun, Milan dengan cepat bisa memulihkan keunggulannya di babak kedua ketika usaha cemerlang lainnya dari Ronaldinho membuat Mathieu Flamini bisa memberi umpan kepada Pato untuk menyarangkannya kembali ke gawang Siena.

Ronaldinho, yang merasa kecewa di musim pertamanya di San Siro pada musim lalu ketika Milan dengan tertatih-tatih menduduki posisi ketiga di klasemen akhir, kini memikul beban yang berat setelah dijualnya Kaka ke Real Madrid dan ia menunjukkan tanda-tanda kepulihannya ke performa terbaiknya.

Playmaker asal Brazil itu melakukan tendangan melambung dan kembali bekerjasama dengan Pato kali ini upayanya itu dianggap `offside` sehingga gol ketiga gagal dilesakkan.

"Ronaldinho benar-benar hebat. Ia pemain nomor satu, kami sangat senang dengan cara dia kembali ke performanya," ujar Pato kepada Televisi Sky.

Kemenangan itu sedikit mengurangi beban dari pelatih yang juga asal Brazil Leonardo, yang mewarisi tugas itu dari pelatih yang sekarang menjadi pelatih Chelsea, Carlo Ancelotti, dan hanya diserahi menangani beberapa pemain yang baru direkrut untuk bisa memoles klub itu menjadi lebih baik.

Striker baru Klaas Jan Huntelaar diskors tetapi Allesandro Nesta baru sembuh setelah setahun mengalami cedera dan rekannya pemain tengah Thiago Silva tampil meyakinkan dalam debutnya di liga ini menjelang pertemuan akhir pekan mendatang dengan juara liga Inter Milan.

Pemain Fiorentina Adrian Mutu segera mengusir kekhawatiran timnya atas kesiapannya bermain setelah ia diturunkan dari kursi cadangan untuk menyelamatkan hasil imbang 1-1 atas Bologna, yang musim lalu terhindar dari degadrasi.

Mantan pemain depan Fiorentina Pablo Osvaldo membuat tim tuan rumah itu unggul terlebih dahuku di babak pertama ketika ia menandukkan tembakan akuratnya dari sebuah tendangan pojok.

Fiorentina, yang menjamu Sporting dalam pertandingan leg kedua babak playoff Liga Champions mereka pada Rabu dengan skor 2-2, sebenarnya memiliki peluang untuk menang namun tembakan striker Alberto Gilardino ke arah gawang dua kali dapat dihalau.Inter menjamu tim yang baru terpromosi Bari pada hari Minggu. (*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009