Palu (ANTARA News) - Garuda Indonesia Airline (GIA) akan membuka kembali rute penerbangan reguler dari dan ke Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), demikian Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulteng, Suai Djafar di Palu, Sabtu.

Ia mengungkapkan, pembukaan kembali rute itu telah disampaikan managemen GIA kepada gubernur H.B Paliudju beberapa waktu lalu.

"Jika tidak ada aral melintang dalam waktu dekat pesawat GIA akan melayani rute penerbangan reguler dari dan ke Palu melalui bandara Mutiara," katanya.

Beberapa tahun lalu, maskapai nasional ini pernah melayani rute penerbangan reguler dari dan ke Palu bersama Bouraq Airlines, namun GIA dan Bouraq menutupnya dam kini akan dihidupkan kembali.

Maskapai yang melayani rute penerbangan dari dan ke Palu melalui bandara Mutiara saat ini adalah Merpati Airlines, Sriwijaya, Batavia, dan Lion Air.

Menurut dia, masuknya kembali pesawat GIA, pasti membuat bandara Mutiara makin ramai, sementara jumlah penumpang akan meningkat.

Kehadiran maskapai GIA juga akan mendorong pertumbuhan periwisata Sulteng dan meningkatkan roda perekonomian provinsi yang berpenduduk lebih dari tiga juta jiwa itu.

"Pemprov Sulteng sangat berharap, dengan ketambahan satu maskapai lagi (GIA), sektor pariwisata akan semakin berkembang pesat," ujar Djafar. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009