Yogyakarta,  (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Belanda, Maxime Verhagen, Kamis, bertemu Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sultan Hamengku Buwono X di Gedong jene Keraton Yogyakarta.

Menlu Belanda didampingi Menlu RI Hasan Wirayuda, Dubes Belanda untuk ndonesia Nicolaos Van Dam dan sejumlah pejabat lainnya tiba di Keraton Yogyakarta sekitar pukul 10.30 WIB.

Sebelum bertemu Raja Keraton Ngoyogyakarta Hadiningrat, Sultan, Menlu Belanda sempat berkeliling keraton dan melihat koleksi museum Sultan Hamengku Buwono IX, ayahanda Sultan HB X.

Sultan usai petemuan hampir dua jam yang diselingi makan siang bersama mengatakan, kunjungan Menlu Belanda ini mewakili Pemerintah Belanda untuk melihat program rehabilitasi rumah dan sekolah yang rusak akibat gempa melanda DIY 2006 lalu.

"Pemerintah Belanda sejak awal berpartisipasi membantu program rehabilitasi dan "recovery" pascagempa, nilainya sebesar 12 juta dolar AS," ujarnya.

Menlu Belanda juga meninjau bangunan sekolah yang rusak akibat gempa di Klaten, Jawa Tengah. Dalam kunjungan ini Menlu Belanda menyerahkan bantuan 22 unit komputerdan printer serta buku-buku ke sepuluh sekolah di Klaten, Jawa Tengah dan Kabupaten Bantul, DIY.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009