Jakarta,  (ANTARA News) - Unggulan pertama ganda campuran Nova Widianto/Liliyana Natsir secara mengejutkan tersingkir pada pertandingan pertama mereka di putaran kedua Korea Terbuka Super Series setelah dikalahkan pasangan India Diju V/Djawa Gutta.

Pasangan yang pekan lalu menjuarai Malaysia Super Series itu mendapat bye pada putaran pertama, namun langsung tersingkir pada putaran kedua setelah menyerah dalam pertandingan tiga game 21-10, 16-21, 9-21 di Olympic Gymnasium, Seoul, Kamis.

Setelah merebut game pertama dengan mudah, pasangan juara dunia itu tertinggal sejak awal game kedua dan hanya mampu mengimbangi lawan pada pertengahan game tersebut sebelum akhirnya pasangan India kembali unggul dan merebut game itu dengan kemenangan 21-16.

Pada game penentuan, pasangan peraih medali perak Olimpiade Beijing, Nova/Liliyana tertinggal jauh dan menyerah pada kedudukan 9-21 setelah bertanding selama 31 menit.

"Mereka sedang bagus, pola (permainan) kami tertekan terus jadi tidak bisa berkembang pada game ketiga," ujar Nova usai pertandingan.

"Mereka tenaganya besar-besar, disamping itu kami juga belum adaptasi dengan lapangan," tambah Nova yang membantah saat ditanya kemungkinan kondisi yang belum pulih akibat kelelahan setelah bermain hingga final di Malaysia pekan lalu, sebagai penyebab kekalahan mereka.

"Tidak lah, lawannya lumayan bagus, mungkin (penyebabnya) yaitu, belum adaptasi dengan lapangan," tegasnya.

Tersingkirnya pasangan peringkat satu dunia itu membatalkan pertemuan antar pasangan Indonesia di perempatfinal turnamen berhadiah total 300.000 dolar AS tersebut. Jika menang Nova/Liliyana akan bertemu unggulan delapan Rendra Wijaya/Meiliana Jauhari.

Pasangan asal Klub Djarum Kudus itu maju ke perempatfinal untuk bertemu Diju/Gutta setelah menang dari ganda Korea Ko Sung Hyun/Jang Ye Na 21-16, 21-11.
Ganda campuran Indonesia lainnya yang maju ke babak delapan besar adalah unggulan ketujuh Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati setelah menyisihkan pasangan tuan rumah Han Sang Hoon/Ha Jung Eun dalam tiga game 21-16, 7-21, 21-19.

Selanjutnya mereka bertemu unggulan kedua, pasangan Korea lainnya, Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung, setelah finalis Malaysia Super Series itu menang 21-15, 21-12 atas Mikkel Delbo Larsen/Mie Schjoett-Kristensen dari Denmark.(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009