Peshawar, Pakistan (ANTARA News/AFP) - Jet-jet tempur Pakistan membom tempat-tempat persembunyian kelompok Taliban dan menewaskan paling tidak lima gerilyawan dekat lembah Swat, di barat laut negara itu, Senin, kata para pejabat.

Pesawat-pesawat itu menyerang kota Dok Darra dekat Swat, tempat gerilyawan itu pertama kali melakukan pemberontakan dua tahun lalu, setelah laporan-laporan intelijen mengatakan sejumlah besar gerilyawan berkumpul di daerah itu, kata juru bicara militer Mayor Nasir Ali Khan.

"Serangan bom itu menghancurkan tiga pangkalan Taliban dan menewaskan lima gerilyawan," katanya.

Kepala pemerintah lokal Javed Marwat mengkonfirmasikan serangan-serangan udara itu dan mengatakan sedikitnya lima gerilyawan tewas, tetapi memperingatkan jumlah korban tewas bisa bertambah.

Militer Pakistan melancarkan serangan untuk mengusir gerilyawan Taliban dari distrik-distrik bagian barat laut di dan sekitar Swat setelah gerilyawan melanggar satu perjanjian perdamaian, karena bergerak ke selatan menuju ibukota Islamabad April lalu.

Para komandan mengatakan mereka telah banyak mengalahkan kelompok garis keras itu, tetapi aksi bersenjata masih terus terjadi, yang menimbulkan kecemasan bahwa Taliban telah lari ke gunung-gunung untuk menghimpun kekuatan setelah serangan-serangan militer itu.

Pakistan mengatakan lebih dari 1.800 gerilyawan dan 166 personil pasukan keamanan tewas sejak April lalu tetapi jumlah itu tidak mungkin diverifikasi secara independen.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009