Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengatakan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), jika resmi terpilih kembali menjadi presiden, akan membentuk kabinet yang terbaik antara lain yang sehat, loyal, cakap dan bisa membantu presiden melaksanakan program kerjanya.

"Idealnya (SBY) akan membentuk kabinet terbaik. 'The dream team' (tim impian). Tim yang sehat, cakap, loyal dan bisa membantu tugas presiden," kata Anas usai syukuran pelaksanaan pemilu 2009 yang dilaksanakan Solidaritas Menangkan SBY (SMS), di Jakarta, kemarin.

Ditanya mengenai pengalaman saat ini karena ada menteri yang dinilai kurang loyal saat pelaksanaan pemilu, Anas mengatakan, Presiden juga akan mengevaluasi kinerja kabinet saat ini selama lima tahun terakhir, untuk melihat keberhasilan-keberhasilan para menterinya maupun loyalitasnya. Sehingga ada perbaikan pada kabinet yang akan datang, kata Anas.

Ditanya lagi mengenai partai-partai yang berkoalisi mendukung SBY pada pemilu presiden 2009, Anas mengatakan bahwa hal tersebut akan menjadi pertimbangan dalam pemerintahan yang akan datang.

Namun Anas yang juga Ketua Dewan Pembina SMS, mengingatkan bahwa SBY akan membentuk kabinet kerja.

Namun, kata Anas, saat ini belum ada bagi-bagi kursi kabinet karena tim pendukung SBY sedang berkonsentrasi menghadapi proses hukum perselisihan pilpres yang dilaporkan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Jika pun sudah ada keputusan MK dan jika SBY terpilih kembali, katanya, maka SBY masih berkonsentrasi menyelesaikan masa tugas pemerintahan saat ini yang masih lama.

Sementara itu Dirut SMS, Rijal mengatakan, menteri-menteri yang berkinerja baik bisa dipertimbangkan menjadi menteri kembali.

Namun demikian ia juga mengharapkan SBY merekrut kaum muda agar lebih berperan dalam pemerintahan. "SBY tentu akan memikirkan kaum muda. Anak muda harus bangkit," kata Rizal.

Ia yakin kaum muda mampu mengambil peran yang lebih besar jika diberi kesempatan yang lebih luas.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009