Jayapura (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) menghimbau masyarakat agar mewaspadai hujan deras disertai kilat dan angin kencang yang berpeluang terjadi di sejumlah wilayah antara Selasa hingga esok Rabu (29/7).

Wilayah yang harus diwaspadai yakni Sulawesi bagian barat, utara, tengah dan selatan, Maluku bagian utara dan tengah, Papua bagian barat, utara dan tengah .

Himbauan yang sama juga berlaku untuk daerah pesisir barat Sumatera, Sumatera bagian tengah, barat dan selatan, Kalimantan Barat dan Timur serta Jawa bagian Barat.

BMKG yang prakiraannya dipantau di Jayapura, Selasa pagi menyebutkan antara Kamis (30/7) sampai Jumat (31/7) hujan deras disertai kilat dan angin kencang kemungkinan terjadi di pesisir barat Sumatera, Sumatera bagian utara dan selatan serta Kalimantan bagian selatan, timur dan tengah.

Berikutnya, juga berpeluang terjadi di Sulawesi bagian tengah, selatan dan tenggara, Jawa bagian barat dan utara, Maluku bagian utara dan tengah serta Papua bagian barat, utara dan tengah.

Sementara itu, antara Sabtu (1/8) hingga Senin (3/8) kondisi dan peringatan yang sama berlaku untuk pesisir barat Sumatera, Sumatera bagian tengah, barat dan selatan, Kalimantan bagian selatan dan timur serta Jawa bagian barat.

Selanjutnya di Sulawesi bagian tengah dan tenggara, Maluku bagian tengah serta Papua bagian barat, utara dan tengah.

Sementara itu, cuaca hari ini hingg esok Rabu (29/7) di sejumlah daerah di Papua menunjukkan peluang hujan dengan suhu rata-rata 23 - 31 derajat selsius.

Hujan ringan diperkirakan terjadi di Jayapura dan Manokwari dengan suhu 24 - 31 derajat. Sedangkan di Sorong, hujan ringan bersuhu 24 - 30 derajat selsius.

Sementara di Biak, hujan sedang mungkin turun dengan suhu minimum 23 dan maksimum 31 derajat selsius.

Adapun cuaca berawan berpeluang terjadi di Merauke dengan suhu antara 23 - 32 derajat.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009