Solo (ANTARA News) - Kepolisian Wilayah (Polwil) Surakarta, Jawa Tengah, menyebarkan poster Noordin M Top, teroris yang paling dicari polisi Indonesia menyusul serangan bom bunuh diri di Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton Kuningan Jakarta.

"Poster yang kami sebar memuat ciri-ciri terbaru pada Noordin M Top yang diduga kuat menjadi salah satu tersangka di dalam kasus peledakan tersebut," kata Kepala Subbagian (Kasubbag) Samapta Polwil Surakarta, AKP Awali di Solo, Rabu.

Dia mengatakan, titik-titik yang menjadi sasaran pihaknya, antara lain di daerah-daerah perbatasan, pusat-pusat keramaian dan kantor-kantor.

"Poster yang kami sebar berjumlah 15.000 lembar dan dilakukan serentak di enam kabupaten/kota di Keresidenan Surakarta," katanya.

Melalui poster ini, lanjutnya, masyarakat diharapkan dapat membantu kepolisian dalam menangkap Noordin M Top, tersangka sejumlah kasus peledakan bom di Indonesia.

"Masyarakat diharapkan segera melapor ke Polres dan Polwil setempat jika menemukan ada orang yang memiliki kemiripan seperti ciri-ciri pada Noordin M Top yang disebutkan di dalam poster DPO," katanya.

Mengenai ciri-ciri yang disebutkan di dalam poster tersebut, dia mengatakan, ciri-ciri yang ada antara lain, badan tegap, tinggi sekitar 170 sentimeter, tidak memakai kaca mata, kulit sawo matang, rambut pendek lurus, saat ini tidak berjenggot dan berkumis dan memiliki logat bicara Melayu.

"Ciri-ciri tersebut kami pertegas dengan gambar wajah Noordin M Top saat ini dan wajah-wajah dia sebelumnya," katanya.

Selain melalui poster yang disebarkan, pihaknya mengharapkan melalui pemberitaan di media dapat membantu pihaknya dalam menangkap buronan tersebut.

"Sampai saat ini kami belum menerima laporan dari masyarakat terkait ada orang yang diindikasikan memiliki ciri-ciri seperti yang ada pada poster-poster DPO yang sudah kami sebarkan sebelumnya," kata Awali.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009