Jakarta (ANTARA News) - Dana pihak ketiga dari masyarakat Bank Muamalat sampai Juni 2009 tumbuh 32,4 persen menjadi Rp13, 22 triliun terhadap periode sama tahun lalu sebesar dari Rp9,55 triliun.

Pertumbuhan itu karena didongkrak penghimpunan dana masyarakat pada posisi Desember 2008, kata Sekretaris Perusahaan Bank Muamalat Andri Donny di Jakarta, Rabu, seraya menyatakan gambaran ini membuat pembiayaan kepada masyarakat juga meningkat.

Realisasi penyaluran pembiayaan pada Juni 2009 sebesar Rp11,13 triliun atau meningkat 015,9 persen dari Juni 2008 sebesar Rp9,61 triliun. Semuanya dikeluarkan untuk pembiayaan pada sektor konsumtif, modal kerja dan investasi.

Namun diantaranya 60 persen untuk sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) cukup besar terkait besarnya perhatian manajemen guna meningkatkan produktivitas UMKM itu.

UMKM yang dibantu, katanya mencapai jutaan nasabah, sedangkan jenis usaha yang dikelola UMKM berupa retail, perdagangan, industri jasa pendidikan, sosial, perkebunan dan pertambangan. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009